Pertamina Trans Kontinental Kembangkan Pengelolaan Sampah Berbasis Energi Bersih di Jambi

Pertamina Trans Kontinental Kembangkan Pengelolaan Sampah Berbasis Energi Bersih di Jambi
PT Pertamina Trans Kontinental resmi meluncurkan Program Desa Energi Berdikari di Kelurahan Tanjungsari, Kota Jambi pada Selasa (24/10). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAMBI - PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) yang merupakan anak usaha dari PT Pertamina International Shipping (PIS), Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) resmi meluncurkan Program Desa Energi Berdikari di Kelurahan Tanjungsari, Kota Jambi pada Selasa (24/10).

Program Desa Energi Berdikari ini merupakan salah bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PTK di bawah pilar Pertamina Transko Care Environment, yaitu program TJSL yang berfokus pada pelestarian lingkungan.

Desa Energi Berdikari Jambi ini sebelumnya merupakan rumah bank sampah Omah Sinau yang dikembangkan untuk memberikan manfaat lebih banyak bagi masyarakat sekitar.

Sebelum menjadi Desa Energi Berdikari, selama dua tahun terakhir bank sampah ini telah mengelola sampah anorganik yang didominasi plastik dan kertas menjadi aneka produk suvenir, seperti mainan anak dan berbagai produk kreatif lainnya.

Hingga di 2023 ini dilakukan pengembangan pengelolaan sampah organik berbasis energi bersih.

Vice President Legal & Relations PTK Sonny Mirath menyampaikan Desa Energi Berdikari Jambi ini merupakan yang pertama bagi PTK dan SH IML.

Pengelolaan sampah organik di Desa Energi Berdikari ini memiliki tiga pengembangan terbaharukan.

Pertama, sampah organik menjadi pakan dalam budi daya maggot black soldier fly (BSF).

PT Pertamina Trans Kontinental resmi meluncurkan Program Desa Energi Berdikari di Kelurahan Tanjungsari, Kota Jambi yang berfokus pada pelestarian lingkungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News