Pertamina Uji Coba Pencocokan Data dan Transaksi Digital LPG 3 Kg di Sumsel

Pertamina Uji Coba Pencocokan Data dan Transaksi Digital LPG 3 Kg di Sumsel
Pertamina Patra Niaga melakukan uji coba pencocokan data dan transaksi digital LPG 3 Kg di wilayah Sumsel. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, PALEMBANG - PT Pertamina Patra Niaga melakukan uji coba pencocokan data dan transaksi digital LPG 3 Kg di wilayah Sumatera Selatan.

Hal ini dilakukan dalam mendukung penyaluran LPG bersubsidi sampai ke masyarakat yang berhak.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan tujuan program ini sebagai upaya pendistribusian LPG subsidi 3 kg yang lebih transparan dan tepat sasaran.

"Pencocokan data konsumen rumah tangga dan usaha mikro dilakukan di sub-penyalur atau pangkalan resmi LPG 3 kg tanpa perlu penggunaan smartphone atau gadget milik konsumen," kata Nikho.

Nikho menyampaikan pencocokan data ini disinergikan dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Dalam tahap pendataan, kata Nikho, masyarakat masih dapat membeli LPG 3 kg di pangkalan resmi, seperti biasanya.

Pembeli di pangkalan hanya perlu menunjukkan kartu Tanda Penduduk (KTP) dan/atau Kartu Keluarga (KK), dan apabila sudah terdata dalam sistem hanya cukup menunjukkan KTP untuk pembelian selanjutnya.

Namun jika belum terdata masyarakat dapat mendaftarkan NIK KTP dan KK di sub penyalur atau pangkalan resmi dengan pendaftaran hanya dilakukan sekali.

Pertamina Patra Niaga melakukan uji coba pencocokan data dan transaksi digital LPG 3 Kg di wilayah Sumsel, ini tujuan program tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News