Pertandingkan Gim Lokal, Piala Presiden Esports 2023 Targetkan 50 Ribu Peserta

Pertandingkan Gim Lokal, Piala Presiden Esports 2023 Targetkan 50 Ribu Peserta
Press conference kick off piala Presiden Esports 2023 yang berlangsung di grand Indonesia selasa (18/7). Foto: Azil/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kejuaran olahraga elektronik Piala Presiden Esports 2023 menargetkan 50 ribu atlet e-sports dari berbagai daerah untuk memperebutkan prize poool Rp 2 miliar.

Turnamen tahun ini mempertandingkan gim buatan anak bangsa, yaitu Lokapala. Sementara itu, gim populer yang dipertandingkan adalah Mobile Legends: Bang Bang.

Ketua Bidang Atlet, Prestasi, dan IT PB ESI Ricky Setiawan menilai kehadiran Lokapal sebagai salah satu nomor pertandingan dapat menjadi langkah awal meningkatkan kesadaran bahwa pengembang dan penerbit gim Indonesia mampu menciptakan kompetisi di negeri sendiri.

Menariknya, di Piala Presiden E-sports 2023 ini membuka kompetisi untuk nomor putri untuk pertama kalinya di cabang gim Mobile Legends: Bang Bang.

Menurut Ricky, hal itu merupakan komitmen untuk mengembangkan skena kompetitif putri setelah sebelumnya menggelar IESPL Women Championship 2023 pada awal tahun ini.

"Adanya kategori Putri ini menjadi upaya untuk pemerataan. Potensi yang makin besar ini tentu diharapkan pasar juga makin meningkat," ujar Ricky, di Jakarta, Selasa (18/7).

Sementara itu, Rangga Danu Prasetyo sebagai Ketua Pelaksana Piala Presiden Esports 2023 menekankan pada pentingnya kolaborasi lintas sektoral demi memajukan industri esports di Indonesia.

Kompetisi ini tidak hanya menjadi ajang bagi para atlet untuk unjuk gigi, tetapi juga panggung buat elemen lain, seperti talent, brand ambassador, caster, hingga host.

Piala Presiden Esports 2023 mempertandingkan 2 gim dengan target 50 ribu peserta. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News