Rabu, 12 Desember 2018 – 17:22 WIB

Pertanian Penyumbang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Selasa, 07 Agustus 2018 – 19:49 WIB
Pertanian Penyumbang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi Indonesia - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan sektor pertanian menyumbang pertumbuhan ekonomi terbesar di Indonesia pada triwulan kedua 2018.

Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi pada lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 9,93 persen.

"Ini berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS). Tadi saya ikut rapat sidang kabinet, disebutkan pertumbuhan ekonomi 5,27 persen. Itu sangat memuaskan," kata Amran dalam rapat koordinasi program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) dengan sejumlah kementerian dan kepala dinas pertanian seindonesia di Surabaya, Selasa (7/8).

Dari sisi produksi, kata Amran, sektor pertanian tumbuh meningkat terutama pada tanaman holtikultura khususnya sayuran dan buah-buahan serta peternakan pada produk unggas.

Kemudian, industri pengelolaan nonmigas juga memberikan sumbangsih pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Terutama pada industri makanan dan minuman khususnya crude palm oil (CPO); produksi tekstil dan pakaian jadi; produksi barang dari kulit dan karet.

Amran menilai, hasil tersebut berkat kerja sama dengan seluruh kementerian. Selain itu, pertumbuhan sektor pertanian juga karena Kementan mengeluarkan peraturan yang propetani.

"Petani mereka tanam karena kebijakan yang tepat. Jangan biarkan harga panen mereka murah. Mereka akan berhenti menanam," kata Amran.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar