Pertemuan EAHC di Bali: 50 Delegasi Asing, 10 Delegasi Indonesia

Pertemuan EAHC di Bali: 50 Delegasi Asing, 10 Delegasi Indonesia
Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Harjo Susmoro. Foto: Penerangan Pushidrosal

jpnn.com, BALI - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) selama lima hari akan menggelar pertemuan negara-negara anggota East Asia Hydrographic Commission (EAHC) di Bali, Jumat (15/2/2019).

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Harjo Susmoro menjelaskan East Asia Hydrographic Commission (EAHC) merupakan organisasi hidrografi di kawasan Asia Timur yang merupakan salah satu dari 15 Regional Hydrographic Commission (RHC) di bawah IHO.

Pertemuan EAHC di Bali ini akan dihadiri lebih kurang 50-an delegasi asing dan 10 delegasi Indonesia. Peserta berasal dari seluruh negara EAHC, yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, China, Vietnam, Korea Selatan, Korea Utara, Brunei Darussalam, dan Jepang.

Selain itu turut hadir perwakilan negara Observer EAHC yaitu Amerika, Inggris dan Kamboja. Hadir pula Presiden IHO Dr. Mathias Jonas.

Pertemuan tersebut membahas tiga agenda kegiatan yaitu kegiatan 9th EAHC Training, Reaserch And Development Centre Board Of Directors (TRDC-BOD), 6th East Asia Hidrographic Commission Steering Committee (EAHC-SC) dan MSS-ENC Steering Committe dilaksanakan mulai tanggal 18 - 22 Februari 2019.

Rencananya, kegiatan tersebut akan dibuka oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, bertempat di Prama Sanur Beach Hotel, Bali, Senin (18/2/2019).

Menurut Kapushidrosal yang saat ini juga menjabat sebagai Vice Chair EAHC, pertemuan EAHC ini bertujuan untuk meningkatkan kontribusi masing-masing negara anggota EAHC dalam meraih tujuan organisasi sekaligus meningkatkan kerja sama dalam implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dan kerjasama di bidang hidrografi.

Pertemuan EAHC yang akan digelar di Bali ini, meliputi; Training Research and Developmpent Centre-board of Directors (TRDC-BOD) yang bertujuan meningkatkan capacity building negara anggota EAHC melalui pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan serta kemampuan teknis survei dan pemetaan laut para surveyor negara-negara anggota EAHC.

Kapushidrosal Laksda TNI Dr. Harjo Susmoro menjelaskan East Asia Hydrographic Commission (EAHC) merupakan organisasi hidrografi di kawasan Asia Timur yang merupakan salah satu dari 15 Regional Hydrographic Commission (RHC) di bawah IHO.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News