Pertemuan Menteri Luar Negeri Tiongkok dan Sejumlah Negara Pasifik Mungkin Berdampak Besar Bagi Australia

Pertemuan Menteri Luar Negeri Tiongkok dan Sejumlah Negara Pasifik Mungkin Berdampak Besar Bagi Australia
Menteri Luar Negeri China Wang Yi tiba di Fiji pada hari Sabtu (28/05) menjelang pertemuan para menteri luar negeri hari Senin (30/05) dengan 10 negara Pasifik. (Supplied: Fijian Government)

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi akan bertemu pejabat dari sejumlah negara Pasifik di Suva, Fiji, dalam pertemuan virtual yang berpotensi menimbulkan dampak besar bagi Australia.

Sebelum pertemuan hari Senin (30/05) ini, Beijing telah menandatangani kesepakatan baru dengan sejumlah negara di Pasifik.

Menurut dokumen yang bocor ke kantor berita Reuters dan diperoleh ABC News, Tiongkok ingin membentuk kembali tatanan regional dan memperluas kerjasama di berbagai bidang termasuk kepolisian, keamanan siber, perdagangan, perikanan, dan pembangunan.

Pertemuan di ibukota Fiji hari ini menjadi kesempatan bagi Menlu Wang Yi untuk mengukuhkan pakta tersebut.

Tetapi untuk melakukan hal ini, Menlu Tiongkok terlebih dahulu harus mendapatkan persetujuan dari negara-negara Kepulauan Pasifik.

Beberapa pemimpin negara Pasifik telah mengeritik isi pakta yang dianggap sulit dan menimbulkan kegelisahan bagi beberapa pihak. Di sisi lain, sama sekali tidak ada jaminan langkah ini akan berhasil.

Semuanya akan lebih jelas setelah pertemuan berlangsung.

Siapa yang ikut dalam pertemuan itu?

Semua negara Kepulauan Pasifik yang mengakui Tiongkok akan hadir: Kepulauan Solomon, Kiribati, Samoa, Fiji, Tonga, Vanuatu, Papua Nugini, Kepulauan Cook, Niue, dan Negara Federasi Mikronesia.

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi akan bertemu dengan rekan-rekan di Pulau Pasifik hari ini di ibu kota Fiji, Suva dalam pertemuan virtual yang dapat menimbulkan dampak besar bagi Australia dan seluruh kawasannya

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News