Perubahan Iklim Jadi Tantangan BMKG

Perubahan Iklim Jadi Tantangan BMKG
Awan hitam tebal yang membawa petir dan hujan di kawasan Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Foto: Miftahul Hayat/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta BMKG memberikan dukungan berupa kualitas informasi cuaca dan iklim agar konektivitas antar wilayah dapat berjalan dengan selamat dan aman.

Hal itu disampaikan Budi saat memberikan arahan sekaligus membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa (25/4) di Hotel Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta Pusat.

“Perubahan iklim yang sedang dan akan terjadi di Indonesia memberikan tantangan bagi BMKG dalam 5 tahun ke depan, yakni bagaimana agar informasi cuaca, iklim dan gempa bumi dapat mendukung keberhasilan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2015–2019,” ujar Budi.

Terlebih, beberapa program pembangunan nasional yang dilakukan pemerintah memerlukan peran BMKG agar berjalan lancar.

Mantan dirut AP II ini juga meminta BMKG untuk melakukan inovasi dalam menyampaikan informasi agar dapat diterima dan dimengerti oleh masyarakat luas.

“BMKG ini kan penyuplai informasi berkaitan dengan cuaca. Kalau hanya terpaku dengan penyebaran melalui press release saja, tidak semua orang mengerti. Harus ada inovasi, seni tertentu. Misalnya akun sosial media @infobmkg yang diintegrasikan dengan produk aplikasi navigasi perjalanan,” tandas Budi.(chi/jpnn)

 


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta BMKG memberikan dukungan berupa kualitas informasi cuaca dan iklim agar konektivitas antar wilayah


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News