Perwira Polisi Juga Manusia

Perwira Polisi Juga Manusia
Perwira Polisi Juga Manusia
JAKARTA - Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Adrianus Meliala, menilai ada semacam mitos yang salah di masyarakat bahwa seorang polisi akan lebih mahir dalam menyembunyikan kejahatannya dibanding warga sipil. Menurutnya, tindak kejahatan termasuk pembunuhan keji bisa saja dilakukan oleh perwira polisi.

Hal itu disampaikan Adrianus saat dimintai tanggapannya tentang kasus AKBP Mindo Tampubolon, mantan Wadireskrimsus Polda Kepri yang disangka membunuh istrinya sendiri, Putri Mega Umboh. Adrianus menyatakan, tak selamanya mitos polisi lebih lihai dalam menyembunyikan kejahatannya dibanding orang yang sipil itu benar adanya.

"Tapi kesampingkan dulu saja mitos seperti itu. Sebagai seorang polisi, bisa saja sama baiknya dalam melakukan kejahatan dengan orang yang dikejar-kejar polisi. Sebagai pamen, dia kan juga manusia biasa," kata Adrianus saat dihubungi JPNN per telepon, Rabu (14/9) malam.

Menurut pemilik nama lengkap Adrianus Eliasta Sembiring Meliala yang akrab disapa dengan nama Adri itu, AKBP Mindo sebagai manusia biasa bisa saja terbelit dalam persoalan dengan istrinya. "Dia juga manusia biasa, yang mungkin saja memiliki interaksi jelek dengan istrinya, lalu menimbulkan emosi yang tak terkendali yang ujung-ujung pada pembunuhan," tutur mantan wartawan di Majalah Editor itu.

JAKARTA - Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Adrianus Meliala, menilai ada semacam mitos yang salah di masyarakat bahwa seorang polisi akan lebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News