JPNN.com

Pesan Gubernur Anies Baswedan dalam Pidatonya di Pembukaan Kongres NasDem

Jumat, 08 November 2019 – 22:11 WIB Pesan Gubernur Anies Baswedan dalam Pidatonya di Pembukaan Kongres NasDem - JPNN.com
Gubernur DKI Anies Baswedan pada pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11) malam. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa memimpin wilayah ibu kota RI tidak seperti kepala daerah di provinsi lain. Menurutnya, menjadi gubernur DKI Jakarta harus mengayomi seluruh penduduknya yang majemuk.

Anies menyampaikan hal itu saat memberikan sambutan pada pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11) malam. Mantan menteri pendidikan dasar dan menengah itu mengatakan, kemajemukan DKI sama halnya dengan ribuan peserta Kongres II NasDem yang datang dari berbagai daerah.

"Karena itu, gubernur DKI Jakarta adalah gubernur bagi setiap penduduk di Jakarta apa pun latar belakangnya. Tugas kami memastikan ada keadilan," kata Anies.

Mantan rektor Universitas Paramadina itu melanjutkan, salah satu masalah yang dirasakan di Indonesia saat ini adalah ketimpangan luar biasa. Anies menjelaskan, pada saat Indonesia diproklamasikan di Jakarta, para pendiri bangsa menjanjikan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan keadilan bagi seluruh rakyat.

Oleh karena itu Anies mendorong Partai NasDem mampu mewujudkan janji kemerdekaan itu. "Partai NasDem harus bisa menjadi yang menjaga cita-cita memberi keadilan sosial bagi seluruh Indonesia,” katanya.

Inisiator gerakan Indonesia Mengajar itu mengakui, di Jakarta hampir tidak mungkin membangun persatuan dalam ketimpangan. Menurut Anies, membangun persatuan harus dalam keseteraan.

“Membangun persatuan harus dalam rasa keadilan. Itu yang kita coba dorong dan itu saya percaya Kongres Kedua NasDem diselenggarakan di kota ini, tempat simpul persatuan dimulai, di kota janji kemerdekaan ditorehkan," kata Anies.

Oleh karena itu Anies mengharapkan Kongres II NasDem membawa semangat restorasi untuk menjadikan Indonesia lebih baik, sekaligus bermanfaat bagi seluruh rakyat. "Selamat berkarya dan semoga kongres ini menjadi catatan bersejarah bukan hanya bagi Partai NasDem, tetapi bagi perkembangan demokrasi di Indonesia," jelas dia.(tan/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...