Pesan Gubernur Sutarmidji untuk JCH Asal Kalbar: Fokus Ibadah, Jangan Pikirkan Hal Lain Dahulu

Pesan Gubernur Sutarmidji untuk JCH Asal Kalbar: Fokus Ibadah, Jangan Pikirkan Hal Lain Dahulu
Gubernur Kalbar Sutarmidji di dampingi Sekda Kalbar Harisson melepaskan keberangkatan CHJ Kalbar yang tergabung dalam kloter 27 di Pontianak (Antara/Rendra Oxtora)

jpnn.com - PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji melepas keberangkatan 184 jemaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang 27 menuju Embarkasi Haji Batam, Kepulauan Riau, dan selanjutnya ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

"Semoga selamat dalam perjalanan dan sampai ke tujuan dalam keadaan sehat walafiat, sehingga dapat menunaikan ibadah haji dengan sempurna dengan memperoleh predikat haji yang mabrur," kata Sutarmidji di Pontianak, Jumat (16/6).

Orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Kalbar itu mengingatkan jemaah apabila sudah berada di Tanah Suci Makkah, fokus dalam menjalankan ibadah dan jangan memikirkan hal-hal lain terlebih dahulu.

"Bapak ibu berangkat dari sini fokus ibadah, jangan pikirkan hal lain dahulu. Jangan memikirkan pintu rumah sudah dikunci atau belum, pintu lemari sudah dikunci atau belum, sampai ada yang bilang belum beri makan ayam, ada tuh seperti itu sampai mau minta balik. Jadi, sudah di sana (Tanah Suci), fokus ibadah," katanya dengan nada canda.

Mantan wali kota Pontianak yang menjabat dua periode itu juga mengatakan bahwa dalam menunaikan ibadah haji diperlukan konsentrasi, disiplin, dan menjaga kondisi kesehatan.

"Jangan sampai pergi jauh-jauh berjam-jam, penerbangan bisa 9 jam, jadi sia-sia. Maka dari itu, fokus dan jaga kesehatan, fokus ibadah, jangan lakukan hal-hal yang bisa menghambat bapak ibu menunaikan ibadah haji," pungkas Sutarmidji. (antara/jpnn)

Gubernur Kalbar Sutarmidji berpesan kepada 184 JCH asal Kalbar agar fokus beribadah selama di Tanah Suci Makkah.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News