Pesan Jokowi Pada Peringatan Hari Guru Nasional, Simak 

Pesan Jokowi Pada Peringatan Hari Guru Nasional, Simak 
Presiden Jokowi memberikan sambautan secara dari dalam peringatan HUT ke-76 PGRI dan HGN 2021. Foto: tangkapan layar YouTube PGRI Official

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mendorong pembelajaran hybrid. Kombinasi pembelajaran daring dan luring ini dinilai lebih aman diterapkan di masa pandemi Covid-19, walaupun kasusnya mulai melandai.

"Alhamdulillah upaya kita untuk menangani pandemi Covid-19 cukup berhasil dibandingkan banyak negara lain di dunia," kata Jokowi saat memberikan sambutan pada HUT ke-76 PGRI dan HGN 2021, Sabtu (27/11).

Menurut Jokowi, pembelajaran tatap muka (PTM) sudah bisa dimulai. Namun, dia mengingatkan masyarakat harus tetap waspada. PTM harus dimulai dengan penuh kehati-hatian dan pemanfaatan teknologi tetap perlu dioptimalkan.

"Pembelajaran luring perlu dikombinasikan dengan cara disiplin, testing, dan tracing harus terus dilakukan," ujarnya.

Jika kasus positif di sekolah atau di keluarga siswa maka harus dilakukan antisipasi secepatnya. Jokowi mengatakan penggunaan teknologi digital ini harus terus dilanjutkan.

"Saya mengharapkan semua sekolah merancang sistem pembelajaran yang efektif, merancang hybrid learning dengan metode kombinasi antara luring dan dari itu," ucapnya.

Selain itu materi-materi pembelajaran harus lebih konstekstual, lebih relevan dan lebih kontributif.  

Jokowi meminta para guru membuat materi dan metode pembelajaran yang lebih menarik agar siswa dengan mudah menyerapnya.

Presiden Jokowi meminta para guru dan sekolah untuk menyiapkan PTM dan daring lewat penguatan teknologi.