Pesan Kapolri ke Perwira: Jangan Hanya Memerintah Saja!

Pesan Kapolri ke Perwira: Jangan Hanya Memerintah Saja!
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri penutupan pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke-30, Sespimen Polri Dikreg ke-61, dan Sespimma Polri Angkatan ke-66, di Lembang, Jawa Barat, Rabu (27/10).

Di hadapan para perwira TNI-Polri yang lulus pendidikan, Sigit meminta semuanya untuk bisa menjadi pemimpin yang mengayomi dan melayani bagi warga dan anggotanya.

"Jadilah pemimpin yang bisa melayani dan menempatkan anggota dan masyarakat sebagai prioritas. Jangan hanya memerintah tapi tidak tahu kesulitan. Ini menjadi masalah," ujar Sigit.

Menurut Kapolri, dalam menjadi pemimpin seseorang harus  memiliki sifat dan sikap yang kuat, menguasai lapangan, bergerak cepat, responsif, peka terhadap perubahan dan berani keluar dari zona nyaman.

Eks Kapolda Banten ini menegaskan bahwa pemimpin harus mau turun ke bawah untuk mendengarkan secara langsung aspirasi dari masyarakat dan anggotanya.

Pemimpin yang kuat akan mampu menciptakan rasa saling menghormati antara pimpinan dan jajarannya.

Mantan Kabareskrim Polri ini menekankan dalam menjalankan tugas, pemimpin tidak boleh mudah terpancing emosinya. Hal itu, sambung Sigit, dapat berpengaruh pada tindakan yang tidak diinginkan oleh masyarakat.

"Jaga emosi, jangan terpancing. Emosi mudah meledak akan akibatkan perbuatan yang tidak terukur,” tegas Sigit. (cuy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan pesan khusus kepada para perwira TNI-Polri yang baru lulus pendidikan.