Pesan Laksamana Saat Apel Komandan Satuan TNI AL 2016

Pesan Laksamana Saat Apel Komandan Satuan TNI AL 2016
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi saat membuka Apel Komandan Satuan (AKS) Tahun 2016, di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (30/1). FOTO: Dispenal for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi menekankan pentingnya melaksanakan gelar operasi secara efektif dan efisien dengan prioritas ancaman pada wilayah perbatasan dan pengamanan sumber kekayaan alam di laut. Sebab keamanan laut wilayah yurisdiksi Indonesia adalah prioritas utama.

Penekanan tersebut disampaikan Laksamana TNI Ade Supandi saat membuka Apel Komandan Satuan (AKS) Tahun 2016, di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (30/1).

Menurut Ade Supandi, seorang perwira dituntut harus mengerti mengenai masalah hukum di laut khususnya di wilayah yurisdiksi Nasional Indonesia. Sehingga ketika terjadi suatu pelanggaran maka tahu akan berbuat apa dan harus berkoordinasi dengan siapa. Apalagi jika terjadi pelanggaran di wilayah-wilayah perbatasan dengan perairan negara tetangga, maka perlu bekerja sama dan berkordinasi dengan negara-negara tetangga.

“Seorang perwira harus dibekali dan mengerti mengenai masalah hukum di laut sehingga bisa cepat untuk mengambil tindakan, jadi tidak boleh buta sama sekali,” tegas KSAL.

Selain itu, Laksamana Ade Supandi juga masih menyayangkan terhadap banyaknya pelanggaran disiplin dan hukum yang dilakukan oleh prajurit TNI AL akibat kurangnya pengawasan dari komandan. Karena itu, perlu digiatkan secara rutin jam komandan.

“Perlu pendekatan persuasif komandan kepada para anak buahnya serta laksanakan pengendalian personel di jajaran masing-masing dan jam komandan agar terhindar dari kegiatan-kegiatan negatif, apalagi sampai terjebak masalah narkoba. Itu semua bisa kita wujudkan apabila ada perhatian lebih dari Komandan atau bapak buah kepada anak buah, sehingga tercipta hubungan emosional yang baik,” katanya.

Apel Komandan Satuan (AKS) TNI Angkatan Laut Tahun 2016 merupakan kegiatan tahunan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan untuk menyampaikan Pokok-Pokok Kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut tahun 2016. Titik berat penyelenggaraan AKS TNI Angkatan Laut tahun 2016 adalah terbentuknya satu persepsi tentang tugas  TNI Angkatan Laut sesuai UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, sekaligus memberikan pemahaman kepada seluruh Komandan Pangkalan dan Komandan Satuan Operasional tentang Kebijakan Pembinaan TNI Angkatan Laut dalam mengantisipasi tantangan tugas ke depan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pembekalan/pedoman kepada seluruh Komandan Satuan Operasional dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut tentang kebijakan pemimpin serta menerima masukan satuan bawah terkait pelaksanaan tugas TNI Angkatan Laut, menyamakan persepsi dan pemahaman terhadap kebijakan-kebijakan pemimpin TNI AL dalam pembinaan dan pembangunan kekuatan ke dalam pelaksanaan tugas yang diemban oleh Komandan Satuan di lapangan. Selain itu, sebagai bahan masukan bagi pemimpin TNI Angkatan Laut dalam mengambil kebijakan dan keputusan terkait dengan penyelenggaraan AKS TNI Angkatan Laut tahun 2016.

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi menekankan pentingnya melaksanakan gelar operasi secara efektif dan efisien

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News