Pesan Mensos untuk Tagana yang Ikut Memerangi COVID-19

Pesan Mensos untuk Tagana yang Ikut Memerangi COVID-19
Mensos Juliari P Batubara bersama tim Tagana. Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara meminta Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk ikut memerangi virus corona atau COVID-19 yang tengah mewabah saat ini.

Momen ulang tahun ke-16, Tagana makin memperkuat tekad untuk membantu pemerintah mencegah penyebaran virus asal Tiongkok itu melalui berbagai kegiatan kemanusiaan. 

“Tagana secara proaktif melalui dinas sosial setempat melakukan aksi nyata kampanye pencegahan penyebaran virus corona hingga ke pelosok desa, bakti sosial penyemprotan disinfektan di berbagai fasilitas publik, dan terlibat dalam Gugus Tugas Covid-19 bertanggung jawab dalam pengelolaan Dapur Umum,” kata Mensos Juliari P Batubara, Selasa (24/3).

Mensos menyontohkan Tagana Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara yang melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dans Sehat (PHBS). Kemudian Tagana Kotamobagu yang melakukan Patroli Gabungan Pencegahan Penyebaran Covid-19, juga aksi nyata Tagana Provinsi Jawa Timur yang melakukan penyemprotan disinfektan di 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur.

"Hari ini Tagana berulang tahun yang ke-16, saya menaruh harapan yang besar atas kiprah Tagana yang berjuang untuk kemanusiaan. Tanpa kalian, Menteri Sosial tidak bisa berbuat apa-apa pada saat bencana, apalagi saat ini kita sedang perang melawan Covid-19," kata Mensos. 

Tagana, bagi Mensos, adalah pasukan yang berada di garda terdepan dalam penanggulangan bencana. Ia berpesan kepada para relawan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan mengutamakan keselamatan.  "Gunakan Alat Pelindung Diri yang memadai ketika di lapangan," pesan bapak dua anak ini.

Tagana adalah relawan kemanusiaan/tenaga kesejahteraan sosial yang berasal dari unsur masyarakat. Mereka memiliki kepedulian dan aktif dalam penanggulangan bencana di bidang perlindungan sosial. 

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazarudin menjelaskan bahwa Tagana memiliki kemampuan dan keterampilan dalam penyelamatan korban bencana, psikososial, shelter, dapur umum, logistik, advokasi sosial, evakuasi, pendamping sosial, DVI, dan komunikasi. 

Mensos Juliari P Batubara berpesan kepada relawan Tagana untuk senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan selama memerangi COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News