Pesan Menteri Halim Tentang Pemanfaatan Dana Desa

Pesan Menteri Halim Tentang Pemanfaatan Dana Desa
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. Foto: Humas Kemendes dan PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengingatkan para Kepala Desa dan aparatnya memanfaatkan dana desa untuk kemajuan desa, apalagi setelah pemerintah mentransfer anggaran tersebut langsung ke rekening kas desa.

Dengan transfer langsung dana desa ke rekening kas desa, diharapkan penggunaan anggaran akan lebih fleksibel dan efisien karena kebutuhan tiap desa berbeda sekaligus memberikan otonomi lebih besar kepada kepala desa.

“Ini masih awal tahun anggaran. Kita ingin sedini mungkin bersama-sama melakukan penjagaan semaksimal mungkin, agar dana desa betul-betul bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar Menteri Halim, Selasa (11/2).

Selanjutnya, Gus Menteri, sapaan akrabnya juga meminta pemerintah daerah untuk melakukan refleksi terhadap berbagai permasalahan-permasalahan terkait dana desa yang sebelumnya pernah terjadi.

Menurutnya, pengayaan permasalahan penting dilakukan untuk mengantisipasi dan mempercepat penanganan terhadap munculnya permasalahan baru.

“Untuk jaga dana desa, pertama yang harus dilakukan adalah refleksi terhadap permasalahan yang pernah terjadi. Dengan tujuan di desa sana ada masalah begini, desa lain ada masalah begini, makanya ke depan kita berupaya untuk tidak melakukan kesalahan yang sama,” kata Gus Menteri.

Gus Menteri juga mengatakan, pemerintah pusat telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk bersama-sama mengawasi dana desa.

Gus Menteri menekankan, memastikan dana desa terealisasi dengan baik adalah menjadi tugas bersama.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengingatkan para Kepala Desa dan aparatnya memanfaatkan dana desa untuk kemajuan desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News