Pesan Penting Hamdi Muluk untuk Generasi Muda

Pesan Penting Hamdi Muluk untuk Generasi Muda
Hamdi Muluk. Foto: Ist for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) Hamdi Muluk mengajak generasi muda menjaga keutuhan bangsa dan mengisi kemerdekaan dengan berbagai macam kegiatan positif.

“Anak-anak muda sekarang ini kan sudah menikmati kemerdekaan. Sebab, mereka dulu tidak terlibat langsung dalam masalah pembentukan negara ini. Anak-anak muda sekarang harus lebih concern kepada  keahliannya. Sehingga sekarang inilah bagi generasi muda kita harus mengisi kemerdekaan ini,” ujar Hamdi, Jumat (3/11).

Dia menambahkan, Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 merupakan salah satu cara untuk menciptakan kesadaran bahwa Indonesia itu ada.

“Karena pada zaman tersebut tantangannya seperti itu. Saat itu, masyarakatnya yang plural. Apalagi, Indonesia sendiri saat itu belum merdeka,” ujarnya.

Dirinya juga mengutip pernyataan Benedict Richard O'Gorman Anderson, peneliti kelahiran Kunming, Tiongkok, 26 Agustus 1936 yang meninggal di Batu, Jawa Timur, 13 Desember 2015.

Anderson beberapa kali melakukan penelitian tentang Indonesia. Dia juga menerbitkan buku berjudul Revolusi Pemuda 1944-1966.

Hamdi mengatakan, Indonesia sebenarnya mempunyai bentuk yang konkret seperti ada tanah, ada kebudayaan yang banyak, ada orang Indonesia.

“Yang dimiliki Indonesia dulu itu adalah suku-suku. Geografisnya sebenarnya dulu itu, katanya Andeson, juga tidak ada. Yang ada tanah Jawa, tanah Batak, tanah Kalimantan, tanah Ambon dan tanah-tanah seterusnya termasuk suku budayanya,” ujar Hamdi

Hamdi Muluk mengajak generasi muda menjaga keutuhan bangsa dan mengisi kemerdekaan dengan berbagai macam kegiatan positif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News