Pesan Terakhir Hasyim untuk Khofifah Sangat Mengharukan

Pesan Terakhir Hasyim untuk Khofifah Sangat Mengharukan
Mensos Khofifah Indar Parawansa. Foto: dok jpnn

jpnn.com, DEPOK - Sebelum meninggal dunia Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Kyai Hasyim Muzadi menitipkan pesan terakhirnya untuk Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Menurut Khofifah, sejak sebulan lalu, dia berkomunikasi cukup intensif dengan anggota dewan pertimbangan presiden itu.

"Satu bulan intensif cukup berat bagaimana menjaga NKRI, menjaga persadaudaraan antara bangsa, antara umat Islam, menjaga persaudaraan kebangsaan," ujar Khofifah di kediaman Kyai Haji Hasyim Muzadi, Kompleks Pondok Pesantren Al Hikam II, Beji, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/3).

Hasyim juga berpesan agar Khofifah menjaga persaudaraan antarwarga NU. Dia mengatakan yang mayoritas harus melindungi minoritas, yang minoritas menghormati mayoritas.

"Kondisi melemah, beliau menyampaikan pesan berat, pesan kebangsaan, agama, dan negara. Menjaga NU itu berat, saya ketua muslimat pesan dan mandat itu diamanatkan ke saya," tutur Khofifah.

Ya, semangat Hasyim untuk menjaga kerukunan antar umat masih terlihat di penghujung hidupnya.

Bahkan pesan untuk menjaga keanekaragaman suku, agama, budaya, adat istiadat yang ada di Indonesia itu seakan menjadi wasiatnya.

Dia meminta Khofifah sebagai ketua muslimat NU untuk terus mengajarkan Islam yang rahmatan lil alamin.

Sebelum meninggal dunia Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Kyai Hasyim Muzadi menitipkan pesan terakhirnya untuk Menteri Sosial Khofifah Indar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News