Pesan untuk Pengawas Ketenagakerjaan. Menaker Ida Fauziyah: Bekerjalah yang Luar Biasa

Pesan untuk Pengawas Ketenagakerjaan. Menaker Ida Fauziyah: Bekerjalah yang Luar Biasa
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (tengah) meluncurkan Buku Panduan Sensitif dalam Pengawasan Ketenagakerjaan dan Aplikasi Sistem Perlindungan Pekerja Perempuan saat acara pembukaan Rakornas Pengawasan Ketenagakerjaan 2023 di Jakarta, Senin (25/9) malam. Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan pengawas ketenagakerjaan memiliki peran penting dalam penerapan dan penegakan hukum ketenagakerjaan.

Hal itu disampaikan Menaker Ida Fauziyah saat membuka Rapat Koordinator Nasional (Rakornas) Pengawasan Ketenagakerjaan di Jakarta, Senin (25/9) malam.

Rakornas yang mengusung tema 'Pengawas Ketenagakerjaan Profesional dan Bermartabat untuk Indonesia Maju' itu berlangsung hingga 27 September mendatang.

"Pengawas ketenagakerjaan tidak bisa lagi bekerja biasa-biasa saja, bekerjalah dengan luar biasa disertai berbagai inovasi maupun terobosan," kata Menaker Ida Fauziyah dalam sambutannya.

Pengawas ketenagakerjaan, kata Menaker Ida, harus mampu menjaga keseimbangan perlindungan kepada pekerja atau buruh dan pengusaha tanpa adanya diskriminasi.

Menaker Ida menyebutkan berbagai isu ketenagakerjaan lintas sektor, seperti pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, perlindungan pekerja migran Indonesia, anak buah kapal (ABK) kemaritiman, TKBM, dan pekerja yang bekerja dengan sistem kontrak jangka pendek harus mendapat perhatian serius dari pengawasan ketenagakerjaan.

"Terobosan-terobosan agar terus dikembangkan oleh pengawas ketenagakerjaan supaya layanan perlindungan ketenagakerjaan dapat lebih luas dan akuntabel," tegasnya.

Menaker Ida Fauziyah mengapresiasi pengawas ketenagakerjaan yang telah membuat terobosan dengan memperluas jangkauan layanannya kepada seluruh perusahaan, meliputi Norma100 sebagai bentuk pengawasan ketenagakerjaan berbasis website, yang terintegrasi dalam SIAPKerja.

Menaker Ida Fauziyah menyampaikan sejumlah pesan saat membuka Rakornas Pengawasan Ketenagakerjaan di Jakarta, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News