Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Kampar, Pilotnya Selamat Berkat Kursi Pelontar

Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Kampar, Pilotnya Selamat Berkat Kursi Pelontar
Flash - Pesawat TNI AU jatuh di Riau. Foto: ANTARA

jpnn.com, JAKARTA - Pesawat tempur jenis BAE Hawk 109 milik TNI AU mengalami kecelakaan di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Senin (15/6). Alutsista buatan Inggris itu jatuh pagi tadi sekitar pukul 08.13 di dekat permukiman warga.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto mengatakan, lokasi kecelakaan tidak jauh dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. “Lokasi kejadian di lima kilometer dari runway 36 Lanud Rsn (Roesmin Nurjadin, red) Pekanbaru,” kata Fajar dalam keterangannya ke media.

Menurut Fajar, pilot pesawat tempur itu selamat dari insiden tersebut. “Pilot Lettu (Pnb) Apriyanto Ismail berhasil melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat (kursi pelontar, red) dan selamat,” tuturnya.

Saat ini, Lettu Apriyanto sudah berada di RSAU dr. Soekirman Pekanbaru untuk pemeriksaan kesehatan lebih lanjut. Namun, Fajar memastikan pilot tidak mengalami luka yang serius.

Fajar menambahkan, TNI AU langsung membentuk tim investigasi untuk mengusut penyebab pesawat tempurnya celaka. "Untuk penyebab kecelakaan dan informasi lainnya masih dalam proses investigasi oleh tim TNI AU," ujar Fajar Adriyanto.(cuy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Pagi tadi sebuah pesawat tempur jenis BAE Hawk 109 milik TNI AU mengalami kecelakaan di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News