Peserta Anggap Soal Tes CPNS Tahun Ini Paling Sulit

Peserta Anggap Soal Tes CPNS Tahun Ini Paling Sulit
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Radar Banyuwangi/JPNN.com

jpnn.com, BANJARMASIN - Tes karakteristik pribadi (TKP) menjadi momok bagi peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2018 di Pemprov Kalimantan Selaran. Jumlah soal TKP sebanyak 30 butir, sementara peserta harus memenuhi passing grade mencapai 143.

“Passing grade saya di TKP hanya 137. Padahal di soal tes intelegensia umum (TIU) dan tes wawasan kebangsaan (TWK) melebihi ambang batas,” keluh Krisna, pelamar CPNS formasi tenaga teknis sebagai instruktur ahli pertama di Disnakertrans.

Krisna tak menyangka soal -soal tahun ini sangat susah jika dibandingkan soal di seleksi CPNS sebelumnya. Tahun ini adalah tahun ketiga dia mengikuti seleksi CPNS. “Naskah soalnya agak ribet dan panjang. Berbeda dengan tahun lalu yang simpel,” terang Krisna.

Dia mengaku, pada seleksi CPNS sebelumnya, dia dinyatakan memenuhi syarat di soal TKP. Sebagai strategi menghemat waktu, dia mengerjakan naskah soal TKP terlebih dahulu. “Eh, ternyata, jauh berbeda. Malah banyak menguras waktu saya dan pada akhirnya saya dinyatakan tak memenuhi syarat,” tukasnya.

Untuk diketahui, setiap pilihan di soal TKP memiliki poin 1 sampai 5. Untuk poin 5 diberikan untuk jawaban yang paling tepat. Dan untuk TWK dan TIU, jawaban benar diberi poin 5, sedangkan jawaban salah diberi poin 0.

“Naskah soal TKP sangat panjang. Begitu juga jawabannya, perbedaan setiap jawaban amat tipis, sehingga sulit menentukan mana jawaban yang paling tepat,” sebutnya.

Dia berharap, jika nantinya banyak peserta yang tak memenuhi syarat di salah satu soal karena tak memenuhi passing grade, akan ada kebijakan dari pemerintah pusat. “Bayangkan, di sesi saya waktu tes hari Minggu tadi, hanya dua orang yang lulus. Dan gugurnya pun lebih banyak di soal TKP,” tuturnya.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel sendiri belum bisa membeberkan jumlah peserta yang tak sampai Passing Grade atau ambang batas yang ditentukan.

Ada pelamar yang sudah ikut tes CPNS beberapa kali menyebutkan, soal-soal tes CPNS 2018 paling susah dibanding sebelumnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News