Peserta dari Bali-NTT Ikut Seleksi Beasiswa Dahlan di Lombok

Peserta dari Bali-NTT Ikut Seleksi Beasiswa Dahlan di Lombok
Para peserta tes beasiswa Dahlan Iskan sedang menjawab soal mata pelajaran yang diujikan oleh tim Surya University di Graha Pena Lombok, Jumat (16/5). Foto Lombok Post/JPNN.com

jpnn.com - MATARAM - Sebanyak 11 peserta Dahlan Iskan Scholarship dari area Lombok mengikuti ujian tertulis di Graha Pena Lombok, Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (16/5). Mereka merupakan lulusan SMA/sederajat yang telah lulus seleksi administrasi dan berebut 300 kuota beasiswa pendidikan yang disediakan Dahlan Iskan Foundation untuk kuliah jenjang S1 di Surya University.

”Sebenarnya ada 16 orang yang terdaftar, tapi yang hadir sampai pelaksanaan tes 11 orang,” kata panitia seleksi dari Lombok Post, Jony Marthadinata di sela-sela seleksi program Beasiswa Dahlan Iskan.

Lombok merupakan penyelenggara terakhir tes Dahlan Iskan Scholarship gelombang pertama. Sebelumnya, 22 kota lainnya di seluruh Indonesia telah terlebih dahulu menyelenggarakan tes mulai 21 April hingga 13 Mei lalu.

Progam pemberian beasiswa ini merupakan kerja sama Yayasan Dahlan Iskan dan JPNN (Jawa Pos National Network) dengan Surya University. Bentuk program ini dalam bentuk pemberian beasiswa 100 persen kepada 300 putra-putri terbaik Indonesia untuk studi di Universitas Surya periode perkuliahan tahun akademik 2014/2015.

Di Lombok, para peserta tes yang berasal dari berbagai daerah seperti Denpasar (Bali), Ende (Nusa Tenggara Timur) dan beberapa daerah di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, sudah hadir di Graha Pena Lombok sejak pukul 09.00 Wita. Sebelum tes dimulai, peserta mendapat penjelasan singkat tentang Surya University dari Denny Oswaldo, marketing education conselor Surya University yang bertindak langsung sebagai pengawas tes.

Ada dua mata pelajaran yang diujikan dalam tes ini, yaitu matematika dan bahasa Inggris. Dua mata pelajaran ini dianggap penting, sekaligus untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa apakah mampu mengikuti metode pembelajaran yang diterapkan di Surya University.

Menurut Denny, hampir semua referensi mata kuliah di kampusnya menggunakan bahasa Inggris. Sehingga, setiap mahasiswa harus mampu berbahasa Inggris dengan baik. Sementara matematika merupakan dasar yang harus dikuasai untuk melakukan penelitian.

Naskah soal yang diujikan dibuat oleh tim Surya University dan dibawa langsung dari Jakarta. Peserta diberikan waktu masing-masing 45 menit untuk menjawab soal tiap mata pelajaran.

MATARAM - Sebanyak 11 peserta Dahlan Iskan Scholarship dari area Lombok mengikuti ujian tertulis di Graha Pena Lombok, Mataram, Provinsi Nusa Tenggara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News