Peserta Tes CPNS: Satu Ruangan Hampir Semua tak Lulus

Peserta Tes CPNS: Satu Ruangan Hampir Semua tak Lulus
Peserta tes CPNS menunggu giliran mengikuti SKD. Foto: Radar Tarakan/JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Sangat banyak peserta tes CPNS 2018 yang gagal di tahap SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Nilai mereka tak memenuhi passing grade.

Berdasarkan ketentuan pusat, passing grade untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) adalah 75, Tes Intelegensi Umum (TIU) yakni 80, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan standar nilai 143.

“Itu saya tak lulus di materi TKP, kalau TWK dan TIU sesuai aja sama passing grade,” ujar Diyah Febriyani, peserta tes CPNS di Balikpapan, Kaltim.

Pengalaman tes CPNS tahun ini bukanlah yang pertama bagi perempuan 28 tahun itu. Diyah mengaku sebelumnya sudah mengikuti tes hingga empat kali, namun gagal. Staf honorer di salah satu instansi pemerintahan di Samarinda tersebut menuturkan hanya ingin mewujudkan mimpinya menjadi seorang PNS. “Sama tahun ini sudah lima kali. Tapi mungkin memang belum rezeki,” tutur Diyah.

“Kalau soal TKP jauh beda sama tahun 2014 dan 2017. Terlalu panjang dan membingungkan,” lanjutnya.

Dirinya menambahkan, dari sekitar 35 orang peserta yang berada di ruangan yang sama dengannya di Ruang Laboratorium C, hampir seluruhnya tidak lulus. “Peserta yang duduk sederet dan sebaris dengan saya tidak lulus juga. Semuanya juga tidak lulus di bagian TKP,” sebutnya.

Dari deretan nama yang muncul di layar proyektor, terdapat nama Tety Yulanda. Sayang Kaltim Post (Jawa Pos Group) tak bertemu dengannya. Ia merupakan salah satu peserta yang nilainya di atas passing grade. Peserta dengan nomor ujian 69721230000314 itu meraih nilai TWK 100, TIU 90, dan TKP berada 146.

Mengingat banyaknya peserta yang tak lulus pada materi TKP, ketika ditemui di Lantai II Gedung STIKOM Balikpapan, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Balikpapan Robi Ruswanto tidak bisa berbuat banyak. Pihaknya menunggu kebijakan dari pusat.

Hanya sedikit peserta tes CPNS 2018 yang lulus SKD alias seleksi kompetensi dasar sehingga banyak formasi yang kosong.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News