Peserta Ujian Praktik SIM di Polres Nganjuk Kini Mudah Lulus, Ternyata Ini Rahasianya

Peserta Ujian Praktik SIM di Polres Nganjuk Kini Mudah Lulus, Ternyata Ini Rahasianya
Ujian praktik SIM di Polres Nganjuk. Foto: Humas Polres Nganjuk

jpnn.com, NGANJUK - Masyarakat Kabupaten Nganjuk yang hendak mendapatkan Surat Izin Mengemudi kini tak perlu khawatir dengan uji praktik yang biasanya jadi momok menakutkan.

Hal ini tak lepas dari inovasi Cermat (Cerdas Mahir Ujian Teori dan Praktik) SIM yang dilaksanakan Satlantas Polres Nganjuk.

Kasatlantas AKP Indra Budi Wibowo menyebut tingkat kelulusan peserta Cermat SIM yang diterapkan jajarannya dalam ujian SIM bahkan mencapai 82,08 persen.

“Program Cermat SIM ini dilaksanakan untuk memudahkan masyarakat yang ingin meningkatkan pengetahuan serta kompetensi mengendarai kendaraan sebelum mengikuti ujian teori dan praktik SIM. Persentase kelulusan program ini mencapai 82,08 persen. Artinya, setidaknya delapan dari tiap 10 peserta Cermat SIM di Kabupaten Nganjuk bisa langsung lulus dalam ujian SIM,” kata AKP Indra, Selasa (24/5/2022).

“Tingginya tingkat kelulusan ini tak lepas dari pelatihan yang kami berikan kepada pemohon SIM, baik mengenai teori berlalu lintas hingga latihan praktik membawa kendaraan. Sebagian masyarakat menyebut uji praktik sebagai momok. Padahal, bila cukup berlatih, uji praktik SIM tidak lagi menakutkan dan bisa dilewati dengan baik,” tuturnya.

Menurut AKP Indra, Cermat SIM Satpas Polres Nganjuk merupakan pengembangan dari program LUPS (Les Uji Praktik SIM).

AKP Indra menyebut bahwa dalam program Cermat SIM, masyarakat pemohon SIM tak perlu jauh-jauh datang ke Satpas Polres Nganjuk untuk berlatih teori maupun praktik berkendara karena bisa melakukannya di berbagai lapangan latihan uji praktik yang dibangun Polres Nganjuk.

“Saat ini sudah ada 10 lapangan latihan uji praktik yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan berkendara sebelum mengikuti ujian SIM. Ke depan, kami ingin agar masing-masing dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Nganjuk ini memiliki setidaknya satu lapangan latihan,” ucap AKP Indra.

Masyarakat Kabupaten Nganjuk yang hendak mendapatkan Surat Izin Mengemudi kini tak perlu khawatir dengan uji praktik yang biasanya jadi momok menakutkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News