Pesisir Sulawesi Utara Berpotensi Besar Jadi Bali Baru

Pesisir Sulawesi Utara Berpotensi Besar Jadi Bali Baru
Warga lokal khawatir kedatangan pengunjung akan menyebabkan masalah sampah di pantai ini. (ABC News: Ari Wu)

Pantai Pulisan di pesisir Sulawesi Utara menawarkan pantai berpasir putih dengan air yang hangat, rumah dari berbagai jenis karang dan ikan tropis.

Hampir 20 tahun terakhir, keluarga Malcolm Barnes sudah menjadi pemandu turis-turis asing ke kawasan ini.

"Senang rasanya mengajak orang-orang berkeliling di rumah saya, mengajak mereka melihat alam, budaya, dan orang-orangnya," kata Malcolm kepada ABC.

Pesisir Sulawesi Utara Berpotensi Besar Jadi Bali Baru Photo: Pantai Pulisan diyakini akan menjadi "Bali" di masa depan. (ABC News: Ari Wu)

 

Pantai Pulisan tepatnya berada di Likupang, sekitar dua jam perjalanan dari kota Manado dan diperkirakan akan menjadi tujuan popular bagi turis asing ke Indonesia.

Pantai ini juga jadi satu dari lima zona ekonomi yang hendak dibangun pemerintah Indonesia, selain juga termasuk dari program 10 'Bali baru' yang sedang dikembangkan.

"Warga di sini tidak berbeda dengan orang Bali," kata Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

"Mereka menyambut pendatang, selalu tersenyum. Ketika semua pihak bekerja keras bersama, kita bahkan bisa mengalahkan Bali," ujarnya.

Pantai Pulisan di pesisir Sulawesi Utara menawarkan pantai berpasir putih dengan air yang hangat, rumah dari berbagai jenis karang dan ikan tropis

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News