Pesona Gua Kristal ala Planet Krypton di bawah Gurun Chihuahua, Meksiko

Pesona Gua Kristal ala Planet Krypton di bawah Gurun Chihuahua, Meksiko
Pesona Gua Kristal ala Planet Krypton di bawah Gurun Chihuahua, Meksiko
MEXICO CITY - Bumi menyimpan berjuta keindahan. Tidak hanya di permukaan, tapi juga dalam perutnya. Seperti gua kristal yang ditemukan di bawah Gurun Chihuahua, Meksiko, ini. Ukuran gua yang ditemukan kakak-beradik penambang perak di Naica tersebut luar biasa besar.

"Anda baru sadar bahwa hamparan hutan kristal ini berukuran jumbo setelah membandingkan ukurannya dengan para petambang berpakaian oranye yang berkeliaran di sana," tulis Daily Mail dalam edisi online kemarin (28/10). Tidak kurang dari 170 kristal raksasa seukuran batu obelisk menjulang di dalam gua bawah tanah yang kondisinya mirip dengan penggambaran Krypton, planet asal tokoh komik superhero Superman tersebut.

Konon, ukuran batu kristal terbesarnya sebanding dengan jumlah tinggi enam orang sekaligus. Selain dihuni pilar-pilar kristal jumbo, gua yang berada sekitar 305 meter di bawah permukaan bumi itu dihiasi batu-batu kristal tajam di dindingnya.

Gua kristal tersebut terbentuk dari air tanah yang mengandung kalsium sulfat. Lantaran aliran magma sekitar 1,6 km di bawahnya, air tanah itu lantas mengkristal. Nah, kristal tersebut tercipta dari mineral dalam magma yang mulai dingin. Karena mineral-mineral itu terciprat ke permukaan air, terbentuklah batu-batu kristal yang runcing.

MEXICO CITY - Bumi menyimpan berjuta keindahan. Tidak hanya di permukaan, tapi juga dalam perutnya. Seperti gua kristal yang ditemukan di bawah Gurun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News