Pesta Rakyat Digelar di Kampung SBY

Pesta Rakyat Digelar di Kampung SBY
Pesta Rakyat Digelar di Kampung SBY
JAKARTA -- Hari ini, (9/10), pesta rakyat di Pacitan masih berlangsung. Selain pameran produk UMKM, di  pesta rakyat juga digelar berbagai kegiatan. Yakni, penampilan parade kesenian dari seluruh tujuh kabupaten dan  penampilan atraksi kesenian dari kabupaten Pacitan, tarian Kethek Ogleng.

Tarian ini bercerita mengenai Dewi Sekartaji yang berasal dari Jenggala menjalin asmara dengan Raden Panji Asmoro Bangun di Kediri. Tarian ini bisanya disajikan pada saat pagelaran hajatan besar di daerah setempat.  kerajaan Jenggala dan Kediri. gelar berbagai

Dalam paparannya, Jumat (8/10), Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik menjelaskan, pesta kesenian rakyat di Pacitan, Jawa Timur iniguna mempromosikan wisata dan apresiasi kesenian. "Ajang kesenian ini untuk memperkuat seni budaya daerah dan sekaligus merevitalisasi serta membangun ekonomi daerah melalui industri kreatif budaya pariwisata," terang  Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik kepada wartawan  di Pendompo Kantor Bupati Pacita, Jawa Timur, Jumat (8/10).

Upaya peningkatan ekonomi daerah melalui industri kreatif tersebut dibuktikan dengan digelarnya pameran-pameran yang diikuti oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Para pelaku UMKM tersebut tidak hanya berasal dari Pacitan saja, tetapi juga berasal dari beberapa daerah atau kabupaten yang berdekatan dengan kabupaten Pacitan. Di antaranya, Kabupaten Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Wonosari, dan Surakarta.

JAKARTA -- Hari ini, (9/10), pesta rakyat di Pacitan masih berlangsung. Selain pameran produk UMKM, di  pesta rakyat juga digelar berbagai kegiatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News