Petakan Arah Pertahanan Indonesia, Menhan AS Bakal Temui Pak Prabowo

Petakan Arah Pertahanan Indonesia, Menhan AS Bakal Temui Pak Prabowo
Menhan Prabowo Subianto saat Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J. Austin III akan berkunjung ke Jakarta, Indonesia untuk pemetaan arah kemitraan kedua negara di bidang pertahanan.

Menhan Austin akan melakukan perjalanan ke Jakarta dan bertemu dengan para pemimpin senior pemerintahan dan militer Indonesia saat Amerika Serikat dan Indonesia bekerja untuk memetakan arah jalan yang ambisius dalam kemitraan pertahanan, demikian disampaikan pihak Departemen Pertahanan dalam sebuah pernyataan pers yang dikeluarkan Kedutaan Besar AS di Jakarta pada Kamis.

Menurut pernyataan Departemen Pertahanan AS itu, kunjungan Menhan Austin akan mendorong kemajuan prakarsa bilateral yang utama guna mendukung interoperabilitas, pengembangan kemampuan, serta profesionalisasi dan modernisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Menteri Pertahanan Lloyd J. Austin III akan memulai perjalanannya pada Jumat (18/11), yakni pertama ke Kanada, lalu lanjut ke Indonesia dan Kamboja.

Di Nova Scotia, Kanada, Menhan Austin akan menyampaikan pidato utama di Forum Keamanan Internasional Halifax (Halifax International Security Forum) 2022 dengan mengangkat isu-isu pokok tentang upaya Departemen Pertahanan AS dalam membangun arsitektur keamanan yang lebih tangguh bersama para sekutu dan mitra AS di seluruh Indo-Pasifik dan Eropa.

Menhan Austin juga akan bertemu dengan Menteri Pertahanan Kanada Anita Anand untuk membahas hubungan pertahanan yang erat antara AS dan Kanada serta pentingnya investasi strategis dalam kapabilitas pertahanan.

Terakhir, di Kamboja, Menhan Austin akan berpartisipasi dalam Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM) Plus ke-9 bersama sepuluh negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan delapan mitra dialog.

Menhan Austin akan berpartisipasi secara langsung untuk pertama kalinya di forum ADMM Plus tersebut, yang sebelumnya dilakukan secara virtual saat pandemi COVID-19 berlangsung.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J. Austin III akan berkunjung ke Jakarta, Indonesia untuk pemetaan arah kemitraan kedua negara di bidang pertahanan.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News