JPNN.com

Petani Bondowoso Tanam Padi Lokal Untuk Penuhi Kebutuhan Pangan

Selasa, 21 Juli 2020 – 19:27 WIB
Petani Bondowoso Tanam Padi Lokal Untuk Penuhi Kebutuhan Pangan - JPNN.com
Foto: kiriman dari BPPSDMP

jpnn.com, BONDOWOSO - Kementerian Pertanian terus menggenjot produktivitas padi di tanah air untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Kegiatan ini juga dilakukan oleh BPP Congkrong di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, yang memilih varietas padi lokal.

Upaya yang dilakukan BPP Congkrong, diapresiasi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Menurutnya, insan pertanian harus meningkatkan produktivitas, serta menurunkan biaya pertanian menuju pertanian berbiaya rendah agar kebutuhan pangan 267 juta jiwa penduduk Indonesia terpenuhi.

“Padi merupakan salah satu dari 11 komoditas strategis pertanian, dan sumber pangan pokok yang terpenting bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian mendukung upaya untuk meningatkan produktivitas,” tutur Mentan SYL, Selasa (21/7).

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa keberhasilan petani dapat dilihat dari penyuluh.

"Penyuluh adalah garda terdepan dalam pertanian. Jika penyuluh kreatif, inovatif maka petaninya akan sukses," ujar Dedi.

Sedangkan BPP Congkrong di Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, bekerja sama dengan kelompok tani (Poktan) Al Furqon di Desa Suger Lor, Kecamatan Maesan, mengadakan uji coba varietas lokal unggul yaitu HMS 400.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adek