Petani di Queensland Kembangkan Drone Untuk Membasmi Hama

Petani di Queensland Kembangkan Drone Untuk Membasmi Hama
Petani di Queensland Kembangkan Drone Untuk Membasmi Hama

Keberadaan drone semakin dimanfaatkan oleh banyak orang, termasuk bagi mereka yang terlibat dalam industri pertanian. Kini drone untuk mengawasi dan membasmi hama sedang dikembangkan oleh petani asal Queensland, Australia.

Penggunaan drone untuk membasmi hama pertanian akan mulai dicoba oleh sejumlah petani di negara bagian Queensland.

Salah satunya adalah seorang petani buah leci, yang kini mulai menyelidiki kemungkinan penggunaan drone untuk membasmi hama, seperti hewan jenis burung dan kelelawar.

Craig Van Rooyen bekerja sama dengan sejumlah konsultan, beberapa petani, dan peneliti dari CQUniversity menguji coba penggunaan drone untuk mendeteksi keberadaan burung dan kelelawar.

Nantinya drone tersebut akan terbang ke arah hewan-hewan tersebut untuk menakuti dan mengusir mereka dari tanaman.

Petani di Queensland Kembangkan Drone Untuk Membasmi Hama

Petani leci Craig Van Rooyensedang mengembangkan drone pengusir hama. Foto: Craig Van Rooyen.

Van Rooyen mengaku jika sebelumnnya ia sudah mencoba sejumlah cara untuk mengontrol hama, mulai dari penggunaan sinar hingga suara nyaring, termasuk pengawasan dengan senjata api, tapi tidak ada yang sepenuhnya efektif.

"Saya berpikir seandainya ada yang bisa melakukan tugas pembasmi hama di saat saya mengurusi karyawan... maka akan sempurna," ujarnya. "Saya merasa jika penggunaan drone akan cocok untuk permasalahan saya, tapi harus dilakukan secara otomatis."

Keberadaan drone semakin dimanfaatkan oleh banyak orang, termasuk bagi mereka yang terlibat dalam industri pertanian. Kini drone untuk mengawasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News