Petani Lahan Pasir Pantai Perkuat Pasokan Bawang Merah Menjelang Idulfitri

Petani Lahan Pasir Pantai Perkuat Pasokan Bawang Merah Menjelang Idulfitri
Penyuluh Petani Lapang (LLP) di BPP Kecamataa Sanden, Sumarjon mengatakan para petani telah memulai penanaman bawang merah di kawasan pasir pantai. Foto Kementan

jpnn.com, TUBAN - Penyuluh Petani Lapang (LLP) di BPP Kecamatan Sanden, Sumarjon mengatakan para petani telah memulai penanaman bawang merah di kawasan pasir pantai.

Hal itu untuk memperkuat pasokan bawang merah menjelang Idulfitri.

“Bawang merah pasir pantai di Sanden rata-rata mulai ditanam di awal bulan Maret, atau sebulan sebelum awal tanam lahan sawah di kecamatan lain,” kata Penyuluh Petani Lapang (PPL) di BPP Kecamatan Sanden, Sumarjono.

Sumarjono menyampaikan bahwa akhir Februari mulai ditanam bawang merah pasir pantai seluas 5 hektare.

Pertanaman itu diprediksi pada minggu pertama Maret bisa mencapai 33 hektare yang tersebar di 2 desa, yaitu Srigading dan Gadingharjo.

“Rencananya bawang merah ini akan dipanen menjelang bulan puasa dan Hari Raya Idulfitri karena seringkali petani bisa mendapatkan harga yang bagus,” lanjutnya.

Salah satu petani di Desa Srigading, Edi, menyampaikan bawang merah lahan pasir pantai tidak terlalu terikat dengan pola tanam karena lahan hanya digunakan untuk komoditas tertentu seperti cabai dan bawang merah.

“Saya sudah tanam lahan seluas 7.500 m2 dengan perkiraan produksi sekitar 9 ton di pertengahan Maret dan siap ikut memenuhi kebutuhan di awal bulan puasa,” ujar Edi.

Penyuluh Petani Lapang (LLP) di BPP Kecamataa Sanden, Sumarjon mengatakan para petani telah memulai penanaman bawang merah di kawasan pasir pantai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News