Petani Serang Minta Difasilitasi Produksi Pangan

Petani Serang Minta Difasilitasi Produksi Pangan
Kementerian Pertanian dan sejumlah instansi terkait menggelar acara panen, tanam serempak, dan membeli jagung pipilan di Desa Pagentungan, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Rabu (27/9). Foto: Fathan Sinaga/jpnn

jpnn.com, SERANG - Sejumlah petani di Desa Pagentungan, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang beserta Kementerian Pertanian dan pihak terkait menggelar acara panen, tanam serempak, dan membeli jagung pipilan, Rabu (27/9).

Sebanyak lima haktare lahan terbuka baru ditanami jagung dan sudah dipanen.

Sumanta selaku anggota kelompok Mekar Tani Satu bersyukur atas hasil panen tersebut. Namun, dia mengaku hasil panen yang diperkirakan mencapai 20 ton itu tidak maksimal.

"Kami bekerja tanpa pendampingan. Mengingat ini lahan baru, seharusnya pendampingan dan pendidikan teknis diberikan kepada kami," kata Sumanta di sela acara tersebut.

Dia memastikan mayoritas petani jagung di Desa Pagentungan belajar bercocok tanam dengan ilmu seadanya. Ke depannya, dia mengharapkan pemerintah dan perusahaan memberikan pendampingan, bukan hanya membeli hasil produksi jagung.

Lebih lanjut kata Sumanta, sebagai kabupaten penyanggah pangan Ibu Kota, harusnya Serang mendapatkan fasilitas seperti alat dan mesin pertanian guna menunjang produksi.

"Kami butuh alat, seperti mesin tanam sampai traktor untuk buka lahan. Kami mengharapkan program ini sampai ke kami," tandas dia. (Mg4/jpnn)


Sebanyak lima haktare lahan terbuka baru ditanami jagung dan sudah dipanen.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News