Minggu, 24 Maret 2019 – 03:38 WIB

Petenis Australia Tampil Memukau Di Putaran Pertama Australia Open

Senin, 14 Januari 2019 – 20:00 WIB
Petenis Australia Tampil Memukau Di Putaran Pertama Australia Open - JPNN.COM

Ashleigh Barty dan Alex de Minaur melenggang mulus ke putaran kedua Australia Open hanya berselang beberapa jam setelah memenangkan Sydney International.

Asleigh Barty, yang menjadi runner-up di final Tournamen Sydney pada Sabtu (13/1/2019) malam, berhasil melewati pertandingan di laga awal Australia Open dengan baik ketika melawan Luksika Kumkhum dari Thailand dengan skor kemenangan 6-2, 6-2 di sesi pertandingan malam di Margaret Court Arena.

Sementara Alex De Minour petenis remaja asal Australia yang tengah naik daun juga berhasil tampil memukau penonton Australia dan berhasil mengalahkan petenis Portugal Pedro Sousa dengan skor 6-4, 7-5, 6-4. Padahal Alex turun berlaga di Australia Open kurang dari 48 jam setelah memenangkan gelar ATP Tour perdananya di Sydney Open.

Prestasi kedua petenis ini berhasil menginspirasi rekan satu timnya dari Australia, trio pemuda Australia yang memulai debutnya di Australia Open, Astra Sharma, Zoe Hives dan Kimberly Birrell.

Asleigh Barty saat ini menjadi petenis Australia yang menyandang peringkat tertinggi di dunia di posisi 15 pada peringkat WTA. Asleigh dengan permainannya yang semakin dewasa juga telah membantu mendorongnya bertengger di puncak 10 besar.

Sementara lawannya di putaran pertama Australia Open, Luksika Kumkhum bermain dengan ganas di awal set dan sempat membuat Barty tertinggal skor 2-0. Tetapi remaja Australia ini tetap bermain dengan tenang dan sebaliknya berhasil mencetak tujuh pertandingan berturut-turut, termasuk empat break of seve, sebelum mengakhiri pertandingan berdurasi 57 menit.

"Saya butuh sedikit waktu untuk membiasakan diri dengan kondisi di sini," kata Barty.

"Tapi saya merasa seperti memukul bola dengan baik dan tentu saja senang bisa tampil dengan mudah."

Alex De Minaur melaju ke putaran kedua

Sementara Alex De Minaur turun bermain kurang dari 48 jam setelah memenangkan gelar ATP Tour perdananya di Sydney, sukses memukau penonton Australia di Margaret Court Arena dengan kemenangan 6-4, 7-5, 6-4 atas Pedro Sousa dari Portugal.

"Saya sangat senang dengan penampilan saya. Saya pikir saya benar-benar bermain tangguh hari ini," kata de Minaur.

"Saya senang berhasil setelah kemenangan di Sydney, saya bangga bisa menang dalam tiga set langsung."

Petenis berusia 19 tahun itu sempat mengungkapkan protes kepada penyelenggara Australia Terbuka karena menjadwalkan pertandingannya di Melbourne pada Senin (14/1/2019), mengklaim bahwa mereka "menghukum" pemain lokal seperti dirinya dan Ashleigh Barty, yang bermain imbang di Sydney.

Dia juga harus berlaga ditengah kondisi cuaca panas terik 34 derajat Celsius di Melbourne saat menjamu Sousa di lapangan.

De Minaur, yang memasuki Australia Open pada peringkat 29 yang merupakan peringkat tertinggi dalam karir profesionalnya, mengklaim satu break servis pada set pembuka yang akhirnya bisa menaklukan Sousa.

Pasca kemenangannya atas Sousa, De Minaur akan menghadapi Mirza Basic atau Henri Laaksonen di babak kedua, dimana pada putaran ketiga dirinya berpotensi akan berhadapan dengan petenis nomor dua dunia Rafael Nadal.

Petenis muda Australia bersinar di hari pertama

Sementara itu tiga petenis muda Australia yang memulai debutnya di Australia Open tahun ini juga tampil dengan baik. astra Sharma menang atas Thailand Priscilla Ho dengan skor 7-5, 4-6, 6-1 dalam permainan yang memikat berdurasi dua jam sembilan menit.

Sharma yang berusia 23 tahun, berada di peringkat 232 di dunia, turun berlaga di Australia Open setelah lolos kualifikasi pekan lalu dan dia berhasil memanfaatkan kesulitan Ho menghadapi cuaca panas selama berlangsungnya set ketiga untuk melaju ke putaran kedua.

Sementara Zoe Hives dan Kimberley Birrell tampil di ajang Australia Open bermodalkan wildcard untuk laga pertamanya dan mereka berhasil membayar kemudahan itu dengan menyuguhkan kemenangan dua set langsung yang mengesankan.

Hives, warga asli Ballarat yang saat ini menduduki peringkat ke-225, berhasil menaklukan petenis veteran Amerika Bethanie Mattek-Sands 6-1, 6-2, sementara Birrell kelahiran Jerman menang 6-4, 6-2 melawan Paula Badosa Gibert.

Namun ada berita kurang menyenangkan bagi kontingen Australia dimana pemain Australia lainnya yang juga mendapat fasilitas wildcard yakni Jason Kubler, Marc Polmans dan Ellen Perez kalah dalam putaran pembukaan mereka masing-masing di kelas pria dan wanita, sementara James Duckworth dikalahkan Nadal.

Baca beritanya dalam bahasa Inggris disini.

Ikuti berita-berita lainnya dari situs ABC Indonesia.

 
SHARES
Komentar