Petral Bubar, Pemerintah Janji Tak Akan Bentuk Perusahaan Pengganti

Petral Bubar, Pemerintah Janji Tak Akan Bentuk Perusahaan Pengganti
Petral Bubar, Pemerintah Janji Tak Akan Bentuk Perusahaan Pengganti

jpnn.com - JAKARTA - Pasca-penghentian operasional PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral), pemerintah disebut-sebut telah menyiapkan perusahaan untuk menggantikan anak usaha Pertamina itu. Namun, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menepis anggapan itu.

Rini menjamin tidak ada perusahaan baru yang akan mengambil alih peran Petral. Sebagai buktinya, Rini bakal meminta Pertamina untuk transparan dalam proses pembubaran Petral.

"Sejauh ini pemerintah nggak ada untuk mensetup atau memindahkan ini (Petral) pada perusahaan lain. Seluruh aset akan dipindahkan langsung ke Pertamina selaku pemegang saham," tegas Rini di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (13/5).

Hal senada juga dikatakan Menteri ESDM Sudirman Said. Menurutnya, pemerintah serius untuk membenahi sektor minyak dan gas sekaligus mengusir para mafia.

"Selama ini ada rumor itu (pemerintah akan buat perusahaan baru pengganti Petral). Ini merupakan audit yang sudah tetap, kami mau memberantas itu (mafia migas)," ungkap mantan dirut PT Pindad ini.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indonesia Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara mencium gelagat mencurigakan dari wacana pembubaran Petral. Ia khawatir pembubaran Petral ini justru bermuara kepada perusahaan baru yang di dalamnya berisi para mafia migas. Jangan sampai, setelah Petral hilang, muncul nama perusahaan baru.

"Jangan sampai Pak Jokowi bubarkan Petral, lalu memberi ruang kepada perusahaan baru untuk menggantikan Petral. Mengakomodasi mafia yang berada dalam lingkar pemerintahan," ujar Marwan.(chi/jpnn)


JAKARTA - Pasca-penghentian operasional PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral), pemerintah disebut-sebut telah menyiapkan perusahaan untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News