Petrokimia Gresik Gandeng PTPN X Kawal Petani Tebu Melalui Program Makmur

Petrokimia Gresik Gandeng PTPN X Kawal Petani Tebu Melalui Program Makmur
Petrokimia Gresik Gandeng PTPN X jalankan program makmur. Foto: dok Petrokimia Gresik

jpnn.com, MOJOKERTO - Petrokimia Gresik bekerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X menggelar tanam perdana komoditas tebu Program Makmur, di Desa Ngingasrembyong, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan kegiatan itu merupakan tindak lanjut atas MoU kerja sama Program Makmur antara Petrokimia Gresik dengan PTPN X, di mana potensi luasan lahan tebu yang akan dikawal mencapai 31.000 Hektar (Ha).

“Ini merupakan upaya Petrokimia Gresik dalam mendorong peningkatan produktivitas tanaman tebu di Jawa Timur, mengingat saat ini Jatim menjadi penopang utama tebu nasional sebagai bahan baku gula,” ujar Dwi Satriyo dalam siaran pers, Kamis.

Namun, di satu sisi, produktivitas tebu dalam negeri saat ini masih belum mencukupi kebutuhan gula nasional karena belum optimalnya pemanfaatan saprodi dan kawalan teknologi oleh petani tebu.

Oleh karena itu, kerja sama ini menjadi salah satu upaya untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Hal senada disampaikan Direktur Utama PTPN X, Tuhu Bangun bahwa PTPN Grup mengemban tugas untuk mewujudkan swasembada gula konsumsi pada 2024 mencapai 2,4 juta ton.

Namun, salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah peningkatan produktivitas, sehingga kehadiran Program Makmur ini sangat dibutuhkan.

“Semoga program ini bisa menjadi role model dan dapat dikembangkan di PTPN yang lain,” kata Tuhu.

Petrokimia Gresik bekerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X menggelar tanam perdana komoditas tebu Program Makmur, di Mojokerto