Petugas Avsec yang Melanggar Tupoksi Pantas Dapat Sanksi

Petugas Avsec yang Melanggar Tupoksi Pantas Dapat Sanksi
Petugas Avsec. Ilustrasi. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, TANGERANG - SM of Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi mengatakan ada tiga oknum avsec non-organik telah melakukan pelanggaran SOP dan tindakan indisipliner saat bertugas di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat, 3 Maret 2023.

“Ketiga avsec melakukan pelanggaran berat, yakni meninggalkan area kerja tanpa melapor ke atasan langsung, lalu melakukan penjemputan dan pendampingan terhadap penumpang, di mana ini bukan SOP dari Avsec. Tindakan ini  merupakan pelanggaran SOP berat dan sangat tidak dibenarkan karena dapat menimbulkan dampak terkait aspek keamanan yang tidak kita semua inginkan,” ujar Holik Muardi.

Terkait hal tersebut, pengamat penerbangan Gerry Soejatman mengatakan sanksi sudah pasti diberikan kepada personel bandara bila diketahui telah melakukan pelanggaran prosedur saat bertugas.

Gerry mengatakan personel bandara termasuk avsec memiliki tupoksi dalam bertugas.

Terlebih, ketiga avsec dimaksud meninggalkan area kerja tanpa melapor atasan untuk melakukan penjemputan dan pendampingan.

Sementara untuk sanksi yang diberikan kepada avsec, menurut Gerry, merupakan ranah antara AP II dan harus sesuai ketentuan yang berlaku.

“Masalahnya bukan siapa yang dijemput dan didampinginya tetapi pelanggaran SOP yang dilakukan,” sebut Gerry.(chi/jpnn)

Terlebih, ketiga petugas avsec dimaksud meninggalkan area kerja tanpa melapor atasan untuk melakukan penjemputan dan pendampingan.


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News