Sabtu, 20 Juli 2019 – 16:26 WIB

Petugas Bandara Jambi Gagalkan Penyeludupan Anak Buaya Muara

Senin, 21 Januari 2019 – 17:44 WIB
Petugas Bandara Jambi Gagalkan Penyeludupan Anak Buaya Muara - JPNN.COM

jpnn.com, JAMBI - Tim Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Jambi bersama Asvec Cargo Bandara Sultan Thaha Jambi berhasil menggagalkan peyeludupan satwa asal Jambi tujuan Makassar, Sulawesi Selatan.

Pengiriman empat ekor anak buaya muara ini tanpa dilengkapi dokumen resmi. Penangkapan dilakukan 16 Januari sekitar pukul 16.30 WIB di Cargo Bandar Udara Sultan Thaha Jambi.

"Penangkapan dilakukan berkat kerjasama, koordinasi dan komunikasi antara BKIPM Jambi dan Avsec Cargo Bandara Sultan Thaha Jambi," ujarPPNS BKIPM Jambi Mario Yudistira kepada wartawan, (19/1).

Menurutnya, empat ekor anak buaya muara ini tidak dilengkapi dokumen kesehatan ikan dan tidak dilaporkan kepada petugas BKIPM Jambi. Modus pengiriman dikemas dalam sebuah kotak kardus dan dikirimkan dengan menggunakan jasa pengriman ekspedisi TIKI Cabang Utama Jambi.

"Keterangan pada resi kemasan tersebut adalah Kain Batik, untuk identitas pengirim tidak ada," katanya.

Barang kemasan tersebut akan dikirimkan dengan tujuan Makasar, Sulawesi Selatan melalui Cargo Bandara Sultan Thaha Jambi, terhadap barang kemasan tersebut saat ini telah dilakukan penahanan dengan dilengkapi Berita Acara Penahanan di BKIPM Jambi.

Rencananya anakan buaya tersebut akan dikirim melalui cargo sekitar pukul 16.30 WIB dengan menggunakan pesawat. Penyelundupan ini terdeteksi oleh X-Ray oleh petugas Aviation Security (Avsec) Cargo Bandara Sultan Thaha Jambi.

Pada saat pemeriksaan seluruh barang kiriman ekspedisi tersebut, ada 1 kemasan yang isi barangnya terlihat menyerupai reptil dan bergerak yang tertera pada layar monitor X-Ray. Kemudian atas dasar kecurigaan tersebut, petugas Avsec dan petugas karantina ikan yang sedang melaksanakan piket di Cargo Bandara Sultan Thaha Jambi untuk bersama-sama melihat isi barang kemasan tersebut melalui layar monitor X-Ray.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar