Petugas Haji Disambut Terik Matahari

Petugas Haji Disambut Terik Matahari
Petugas Haji Disambut Terik Matahari

jpnn.com - JAKARTA - Rombongan petugas PPIH (panitia penyelenggara ibadah haji) daerah kerja (daker) Jeddah sudah sampai di Arab Saudi dini hari kemarin. Mereka langsung menjalankan ibadah umrah dan disambut terik matahari hingga 43 derajat celsius.

Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat menuturkan bahwa saat ini cuaca di Arab Saudi, khususnya Makkah sedang ekstrim. Rata-rata suhu di Makkah saat ini berksiar antara 41 hingga 43 derajat celsius. Suhu yang hampir bisa membuat telur matang itu harus diantisipasi calon jamaah haji yang beberapa hari lagi terbang ke Arab Saudi.

"Kami petugas haji di Arab Saudi sudah memberikan petunjuk-petunjuk kepada calon jamaah haji," katanya kepada tim Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama (Kemenag) kemarin. Diantaranya adalah calon jamaah haji harus selalu menyiapkan perbekalan air minum untuk setiap aktivitas di luar pemondokan. Selain itu jamaah haji nanti diminta untuk menghindari kontak langsung dengan matahari. Anjuran lainnya adalah, para jamaah haji diharapkan memperbanyak konsumsi buah-buahan.

Petugas haji juga sudah mulai melakukan pemetaan lokasi ibadah, diantaranya adalah kondisi Masjidilharam yang sedang dalam masa renovasi. Arsyad menuturkan, dari pemantauannya pengerjaan renovasi Masjidilharam dikebut siang-malam. Dia menilai sudah ada perkembangan dari proses renovasi itu.

Di antaranya renovasi tahap pertama pada blok Al-Safa yang sudah berjalan 25 persen. Sejumlah alat berat sudah mulai terpasang di sekitar pembangunan perluasan Masjidilharam itu. SAat ini proses pembangunan memasuki tahap pemasangan besi-besi penyangga konstruksi.

"Pekerjaan renovasi ini berjalan profesional," katanya. Arsyar menuturkan meskipun pengerjaan dikebut siang-malam, tidak menimbulkan banyak kegaduhan. Sehingga aktivitas ibadah haji yang sedang beribadan di Masjidilharam tidak terganggu. Saat tiba waktu salat lima waktu, pekerjaan renovasi Masjidilharam juga dihentikan.

"Meskipun pengerjaan proyek ini berjalan tertib, kita menghimbau seluruh jamaah haji tetap menggunakan masker saat melaksanakan ibadah di area Masjidilharam," katanya.

Selain urusan cuaca terik, PPIH Arab Saudi juga mengingatkan urusan keamanan kepada calon jamaah haji. Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Anggito Abimanyu yang masih berada di Arab Saudi juga mengingatkan urusan keamanan ini.

JAKARTA - Rombongan petugas PPIH (panitia penyelenggara ibadah haji) daerah kerja (daker) Jeddah sudah sampai di Arab Saudi dini hari kemarin. Mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News