Petugas Kebersihan, Ponpes hingga Musala Terima Daging Kurban Masjid Al Aqsha De Latinos

Petugas Kebersihan, Ponpes hingga Musala Terima Daging Kurban Masjid Al Aqsha De Latinos
Panitia kurban Masjid Al Aqsha De Latinos mensyaratkan surat bebas PMK dari Dinas Peternakan. Foto dokumentasi Masjid Al Aqsha De Latinos

jpnn.com, JAKARTA - Masjid Al Aqsha De Latinos di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan kembali menorehkan angka kurban paling besar di kawasan Tangerang Raya. Para jemaah masjid ini total menyembelih 61 ekor sapi dan 64 kambing juga domba.

“Ini perolehan yang tidak kami duga, padahal sepekan sebelum hari raya Iduladha kami sudah menutup pendaftaran, akibat sulitnya mendapatkan hewan kurban seiring adanya penyakit PMK (penyakit mulut dan kuku)," kata Suratidjo, Ketua Panitia Kurban Masjid Al Aqsha, Minggu (10/7). 

Dia mengungkapkan banyak jemaah yang berusaha membawa hewan kurban sendiri, tetapi panitia secara ketat mensyaratkan adanya surat bebas PMK dari Dinas Peternakan. Dibandingkan tahun lalu, jumlah tersebut menurun, tetapi Suratidjo bersyukur karena saat ini sedang dilanda wabah PMK.

Proses penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada Minggu (10/7). Untuk proses kambing dan domba diselesaikan pukul 10.45 WIB, sedangkan sapi selesai pukul 15.00 WIB. 

“Alhamdulillah, tuntas dalam sehari, kalau saat pendemi kami butuh dua hari,” ujar Suratidjo.

Daging kurban kemudian disebar di area De Latinos dan juga masyarakat sekitar masjid. Selain itu juga dibagikan untuk panti asuhan, rumah tahfiz, musala-musala dan juga pondok-pondok pesantren yang tersebar di kawasan Tengerang Selatan. 

Baca Juga:

Di sekitar De Latinos paket kurban dibagikan sebanyak 2.500 paket. Itu diperuntukkan bagi petugas keamanan (satpam), para petugas kebersihan dan penyapu jalanan, juga para asisten rumah tangga (ART).

“Kami membagi daging kurban menjadi dua, yakni internal dan eksternal. Untuk internal, dagingnya dipotong-potong di masjid lalu kami bagikan," kata Suratidjo.

Al Aqsha De Latinos kembk membagikan ribuan paket daging kurban untuk petugas kebersihan, ART, pesantren hingga Musala

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News