Petugas KPK Datang, Puluhan PNS di Luar Ruangan Hingga Sore

Petugas KPK Datang, Puluhan PNS di Luar Ruangan Hingga Sore
Foto/ilustrasi: Penyidik KPK saat penggeledahan dalam rangka mencari barang bukti kasus korupsi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - Petugas KPK melanjutkan penggeledehan sejumlah ruangan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kukar di Tenggarong kemarin (27/9) menyusul penetapan Bupati Rita Widyasari sebagai tersangka.

Yakni, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim), dan Dinas Pekerjaan Umum (PU). Sekitar 11 jam, petugas KPK menggeledah tiga lokasi tersebut.

Semula, petugas KPK disebut-sebut juga akan melakukan penggeledahan di Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang. Dari pantauan Kaltim Post (Jawa Pos Group), di kedua gedung OPD itu tak terdapat aktivitas tim.

Sekitar pukul 09.45 Wita, rombongan KPK yang datang ke kantor Perkim dan PU yang berada di dalam satu gedung langsung merangsek masuk lewat pintu utama. Mereka meminta seluruh pegawai di dalam gedung tidak keluar ruangan terlebih dahulu.

Petugas lalu meminta pegawai untuk mengumpulkan telepon seluler di suatu tempat. Dengan bantuan petugas kepolisian, seluruh tas dan barang bawaan para pegawai juga diperiksa.

Setelah sempat tertahan selama beberapa jam di dalam gedung, mereka lalu diperkenankan keluar. Ratusan pegawai pun akhirnya berkumpul di luar gedung.

Aktivitas di kedua OPD itu mendadak lumpuh. Tak ada kegiatan apapun yang berhubungan dengan kedinasan.

"Tadi handphone saya disuruh dikumpul. Saya juga kaget ternyata KPK juga ada di kantor ini. Saya kira sudah selesai kemarin (Selasa, 26/9)," ujar pegawai yang bergegas keluar dari gedung tersebut.

Saat petugas KPK masih melakukan penggeledahan, puluhan PNS berupaya masuk untuk mengisi absensi. Namun, dihalangi polisi bersenjata laras panjang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News