JPNN.com

PGI Imbau Gereja Menahan Diri

Jumat, 19 Juni 2020 – 20:27 WIB
PGI Imbau Gereja Menahan Diri - JPNN.com
Ilustrasi ibadah di gereja. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt. Jacky Manuputty mengimbau gereja untuk menahan diri melaksanakan kegiatan ibadah kembali. 

Selain itu, gereka juga diminta terus melakukan koordinasi dengan gugus tugas lokal untuk mengetahui perkembangan epidemiologi.

Imbauan ini dikeluarkan PGI menyusul adanya Surat Edaran (SE) Menteri Agama No 15 Tahun 2020 tentang Panduan Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid di Masa Pandemi.

"Kami melalui gugus tugas di PGI menyikapi sangat kritis dan serius. Ada sejumlah pengetahuan yang harus dimiliki gereja,” kata Pendeta Jacky, Jumat (19/6).

Kalaupun dimungkinkan untuk keluar surat keterangan aman COVID-19 dari Gugus Tugas setempat, lanjut Pdt Jacky, gereja harus tetap menerapkan protokol kesehatan. PGI sudah keluarkan panduan protokol yang sangat detail.

“Untuk orang tua dan anak-anak, kami masih mengimbau untuk tidak ikut ibadah jemaat tapi perlu cara kreatif agar mereka bisa beribadah di rumah,” ujarnya.

Mengenai Sekolah Minggu, Pendeta Jacky mengaku masih disarankan untuk digelar secara online.

Menurutnya, saat ini banyak gereja yang telah membuat paket pembelajaran online untuk Sekolah Minggu.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia