Selasa, 23 Oktober 2018 – 14:10 WIB

Piala Menpora U-12 Zona Sumut: Moga Lahir Egi Maulana Baru

Minggu, 12 Agustus 2018 – 03:45 WIB
Piala Menpora U-12 Zona Sumut: Moga Lahir Egi Maulana Baru - JPNN.COM

jpnn.com, MEDAN - Turnamen liga pelajar sepak bola U-12 piala Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zona Sumatera Utara (Sumut) resmi digelar di Lapangan Fisip Universitas Sumatera Utara, Sabtu (11/8/2018) pagi.

Sebanyak 51 tim akan bersaing dalam turnamen bergengsi tersebut.

Turnamen dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut (Disporasu) H Baharuddin Siagian. Pria yang juga menjabat sebagai ketua Bapopsi Sumut ini mengapresiasi pelaksanaan piala menpora U-12.

Baharuddin berharap turnamen ini tidak sekadar ajang kompetisi meraih juara, namun juga bisa menemukan bakat pemain baru yang mengikuti jejak Egi Maulana Vikri sebagai pesepakbola hebat bersama tim nasional.

“Tentu ini memberi spirit baru ya bagi sepakbola Sumatera Utara. Kita berharap akan lahir Egi-Egi yang baru. Jadi, kalausejak usia dini mereka ini sudah dilatih dan disediakan turnamen, tentu bisa mengasah kemampuan diri mereka selama berlatih di klub. Kemudian dibuktikan di kejuaraan yang diikuti,” ucapnya.

Menurut Baharuddin, memang perkembangan Sekolah Sepak Bola (SSB) di Sumut cukup luar biasa. Bahkan hampir di tiap kecamatan sudah terbentuk binaan SSB usia dini. Akan tetapi, selain terkendala infrastruktur lapangan, namun organisir tidak berjalan optimil. Diakui Baharuddin, salah satu kendala utama adalah finansial dan SDM pelatih terkait lisensi.

“Pembinaan pemain usia dini di Sumut sudah banyak dilakukan, namun harus terorganisir dengan baik. Pembinaan ini harus dilakukan secara berjenjang mulai usia 8, 9, 10 tahun dan seterusnya. Kalo ini terus dilakukan, saya yakin olahraga Sumut ke depan bisa lahirkan pemain berkualitas dan berprestasi. Bukan pemain kacangan gitu. Dari sini kita akan promosikan PPLP kita juga,” harap Baharuddin dengan semangat.

Selain itu, pemain usia dini tidak hanya diajarkan teknik dan strategi bermain sepakbola yang benar. Namun juga harus ditingkatkan kecerdasan dan mental untuk menguatkan karakter pemain di lapangan.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar