Pidato Xi Jinping di Kongres PKC Sangat Dinanti Warga China, tetapi Isinya Bikin Kecewa

Pidato Xi Jinping di Kongres PKC Sangat Dinanti Warga China, tetapi Isinya Bikin Kecewa
Siaran langsung pidato Xi Jinping pada pembukaan Kongres ke-20 Partai Komunis China ditayangkan di layar lebar yang tersebar di seluruh penjuru Beijing, Senin (16/10). Foto: STR / AFP

jpnn.com, BEIJING - Warga China biasanya tidak terlalu mempedulikan pidato panjang yang isinya itu-itu saja dari Presiden Xi Jinping.

Namun, menurut kantor berita BBC, pidato Xi pada pembukaan Kongres ke-20 Partai Komunis China di Beijing, Minggu (16/10), sangat ditunggu masyarakat.

Mereka mengharapkan sang pemimpin menyampaikan kabar gembira soal relaksasi aturan nol Covid-19 yang sangat menyusahkan itu. Sayang, mereka lagi-lagi dikecewakan.

Xi justru menegaskan pemerintah sama sekali tidak memiliki keraguan bahwa kebijakan nol Covid-19 adalah langkah tepat untuk menyelamatkan nyawa rakyat.

Penguncian, pengujian massal, pemindaian kode kesehatan, karantina, pembatasan perjalanan, semua akan terus dilakukan.

Penderitaan sosial dan ekonomi yang disebabkan oleh kebijakan tersebut sama sekali tidak disinggung selama dua jam Xi berpidato.

Tantangan besar lainnya yang meresahkan masyarakat tetapi tidak disebutkan antara lain: pengangguran kaum muda yang melonjak dan krisis properti.

Sebaliknya, pidato tersebut sarat dengan retorika standar PKC dan miskin solusi untuk masalah-masalah aktual China.

Pidato panjang Xi Jinping biasanya dianggap menarik bagi warga China. Namun, kali ini berbeda.

Sumber BBC

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News