Pidie Jaya Diguncang Gempa Bumi Jenis Dangkal

Pidie Jaya Diguncang Gempa Bumi Jenis Dangkal
Ilustrasi pantauan aktivitas gempa. Foto: Antara/BMKG

jpnn.com, PIDIE JAYA - Gempa bumi dengan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, Kamis (20/8), pukul 20.53 WIB, dan tidak berpotensi tsunami.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Aceh Besar, Dhati Cipto Kuncoro mengatakan gempa bumi memiliki parameter magnitudo 5,0 dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.86 Lintang Utara dan 96.08 Bujur Timur.

"Atau tepatnya berlokasi di darat, pada jarak 26 kilometer Barat Daya Kabupaten Pidie Jaya pada kedalaman 10 kilometer," kata Djati.

Ia menjelaskan, setelah memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal, akibat aktivitas sesar Sumatera pada segmen Aceh.

Djati mengatakan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa peristiwa gempa bumi tersebut, memiliki mekanisme pergerakan geser.

Akibatnya, masyarakat merasakan guncangan khususnya di wilayah Banda Aceh, dan Pidie Jaya dengan skala intensitas III MMI.

Kemudian juga di Nagan Raya, Bener Meriah, Aceh Jaya dengan skala intensitas II MMI.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Gempa ini tidak berpotensi tsunami," ujar Djati.

BMKG melaporkan telah terjadi gempa bumi dengan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, Kamis (20/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News