PII Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi Asal Indonesia Bekerja di Hungaria

PII Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi Asal Indonesia Bekerja di Hungaria
Ketua Umum PII Heru Dewanto. Foto: Dok. PII

jpnn.com, JAKARTA - Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membantu 50 orang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi asal Indonesia untuk bekerja di Hungaria, tepatnya di Gemtech dan Bio-Fungi.

Ketua Umum PII Heru Dewanto mengatakan program yang diinisiasi oleh PII itu antara lain bisa terwujud karena pertumbuhan industri di Hungaria yang pesat, namun mereka memiliki krisis pekerja.

Di sisi lain, Indonesia memiliki sumberdaya yang bisa menjawab permasalahan di Hungaria.

Tenaga vokasi di sana mulai berkurang sehingga mereka membuka peluang dari luar negara-negara Uni Eropa. Di Indonesia, kita punya pendidikan vokasi yang sedang digalakkan oleh pemerintah, maka ketemu permintaan dan pasokan sehingga menciptakan suatu kerja sama yang saling menguntungkan di mana biayanya ditanggung sepenuhnya perusahaan di sana,” ujar Heru Dewanto dalam sambutannya di acara pelepasan program magang di Kantor Kemendikbud, Jakarta Selatan, Selasa (26/10/2021),

Ketua Umum PII mengatakan selain para peserta akan menerima gaji dari tempat mereka bekerja, akomodasi, uang makan dan asuransi, biaya keberangkatan dan pulang para peserta juga akan ditanggung oleh perusahaan.

Bagi yang masih berstatus mahasiswa, ia menyebut program tersebut adalah baian dari kurikulum dan dinilai secara akademik sebagai SKS dari kampus masing-masing. Bagi lulusan vokasi program kerja 2 tahun akan dinilai oleh PII untuk mendapatkan sertifikat Insinyur Profesional Pratama (IPP).

Lebih lanjut, Heru Dewanto menjelaskan saat ini PII tengah berunding dengan sepuluh perusahaan lain di Hungaria yang bergerak di berbagai bidang, utamanya manufaktur, untuk kerja sama yang serupa.

Ketua Umum PII mengatakan jika tercapai kesepakatan dengan sepuluh perusahaan tersebut, ia meyakini sebanyak dua hingga tiga ratus orang dari Indonesia bisa diberangkatkan.

PII bekerja sama dengan Kemendikbud membantu 50 orang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi asal Indonesia untuk bekerja di Hungaria, tepatnya di Gemtech dan Bio-Fungi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News