Pikulan Patah, Gunungan Setri Tercecer

Grebeg Besar Kasunanan Solo

Pikulan Patah, Gunungan Setri Tercecer
Pikulan gunungan Setri patah saat akan dibawa ke keraton. Akibatnya, isi gunungan tercecer di dekat Kori Renteng sebelum pintu masuk keratin Solo, kemarin (26/10). Foto: ARIEF/RADAR SOLO
SOLO - Grebeg Besar Idul Adha 1433 Hijriah di Keraton Kasunanan Solo kemarin diwarnai insiden kecil. Yakni, patahnya pikulan gunungan Setri saat akan dibawa ke keraton. Akibatnya, isi gunungan tercecer di dekat Kori Renteng sebelum pintu masuk keraton.

Namun, hal itu tidak mengurangi antusiasme warga. Gunungan tersebut menjadi rebutan warga yang menunggu di depan Kori Kamandoengan.

Insiden itu bermula saat gunungan Setri diarak kembali setelah didoakan di Masjid Agung. Sekitar sepuluh abdi dalem yang membawa gunungan menuju keraton berjalan cepat. Tiba di Kori Renteng, mendadak salah satu pikulan gunungan patah. Abdi dalem yang menyangga beban berat tak bisa menahan gunungan yang hendak roboh. Akhirnya, gunungan itu roboh dan isinya tercecer ke tanah.

Menurut Wakil Pengageng Sasono Wilopo KP Winarno, isi gunungan yang terbuat dari nasi kering berbentuk kerucut itu dinamakan rengginang. Melihat kejadian tersebut, warga yang mengikuti arak-arakan masih menahan diri, sehingga ceceran masih bisa diambil dan dibawa menuju halaman keraton.

SOLO - Grebeg Besar Idul Adha 1433 Hijriah di Keraton Kasunanan Solo kemarin diwarnai insiden kecil. Yakni, patahnya pikulan gunungan Setri saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News