Pilgub DKI Diprediksi Dua Putaran

Pilgub DKI Diprediksi Dua Putaran
Pilgub DKI Diprediksi Dua Putaran
PERTARUNGAN Pilkada DKI Jakarta 2012 diprediksi terjadi dua putaran. Pasalnya, seluruh pasangan calon gubernur (cagub) memiliki kekuatan yang berpeluang memenangkan pesta demokrasi lima tahunan di Ibu Kota RI ini. Pengamat Politik Ray Rangkuti menegaskan, sangat sulit bagi pasangan kandidat yang ada saat ini bisa menang mutlak.

    

Menurut prediksi Ray, pelaksanaan Pilkada DKI hingga dua putaran tidak bisa dihindari jika para kandidat bisa meraup hati masyarakat Jakarta. Caranya, dengan menggelar kampanye dan mengerek isu secara maksimal. Apalagi, posisi masing-masing pasangan calon terbilang imbang.  Kendati ada incumbent, sambung Ray juga, belum tentu mampu mendulang dukungan suara mutlak.

”Incumbent belum bisa menang mutlak, karena menjadi simbol belum berhasilnya pembangunan di Jakarta. Saya lihat persaingan akan berjalan cukup sengit,” tandasnya. Ray juga menilai, adanya beberapa pasangan calon selaku pendatang baru juga tidak bisa dianggap sepele. Apalagi, hingga saat ini seluruh cagub belum ada yang mengakar pada masyarakat Jakarta. 

”Incumbent saja belum mengakar, begitu juga pendatang baru. Kalau ada yang dapat mendulang suara, maksimal saya prediksi hanya mampu sepertiga suara pemilih. Tidak  lebih,” tambah dia. Dukungan partai politik kepada pasangan kandidat di Pilkada Jakarta cukup kuat. Tarik menarik kepentingan dalam mengusung figur calon tentunya mewarnai penetapan dukungan. 

PERTARUNGAN Pilkada DKI Jakarta 2012 diprediksi terjadi dua putaran. Pasalnya, seluruh pasangan calon gubernur (cagub) memiliki kekuatan yang berpeluang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News