Pilih Ketum Baru, KNPI Bakal Gelar Kongres XVI 2022

Pilih Ketum Baru, KNPI Bakal Gelar Kongres XVI 2022
Ketua Penyelenggara Kongres Pemuda XVI KNPI Amin Ngabalin menggelar konferensi pers di Jakarta, Minggu (9/1/2022) dengan agenda rencana penyelenggaraan Kongres XVI KNPI pada Mei 2022 mendatang. Foto: Dok. KNPI

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) akan menggelar Kongres Pemuda XVI selambat-lambatnya pada Mei 2022 mendatang.

Ketua Penyelenggara Kongres Pemuda XVI KNPI Amin Ngabalin menjelaskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KNPI yang berhak menyelenggarakan Kongres hanyalah KNPI di bawah pimpinan Ketua Umum Haris Pertama sebagai Mandataris Kongres karena terpilih pada Kongres XV Pemuda/KNPI di Bogor tahun 2018.

“Dalam konstitusi KNPI, satu-satunya KNPI yang berhak mengadakan Kongres hanyalah KNPI di bawah pimpinan Ketua Umum Haris Pertama,” tegas Amin dalam konferensi pers di Kantor DPP KNPI, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (9/1/2022).

Untuk itu, dia menegaskan Kongres yang akan diselenggarakan oleh pihak lain bukanlah Kongres KNPI yang sah.

"Sudah benar ada niat yang baik tetapi harus sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga juga," ujar Amin.

Menurut Amin, ada beberapa daerah yang menjadi kandidat tuan rumah Kongres. Di antaranya Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Maluku Utara, NTT, dan Sumatera Utara.

“Kami akan melakukan roadshow untuk melihat kesiapan dari masing-masing daerah ini sebagai tuan rumah. Kami akan awali dengan Maluku Utara,” kata Amin yang juga Waketum DPP KNPI ini.

Sementara itu, Ketua Steering Commite Choir Sarifuddin menegaskan pihaknya sangat siap menyelenggarakan Kongres Pemuda/KNPI XVI.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) akan menggelar Kongres Pemuda XVI selambat-lambatnya pada Mei 2022 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News