Pilih PSBB, Bu Netty Nilai PPKM Mikro Tidak Efektif Tekan Penularan Covid-19

Pilih PSBB, Bu Netty Nilai PPKM Mikro Tidak Efektif Tekan Penularan Covid-19
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher menilai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro tidak tepat di dalam menekan penularan COVID-19. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher menilai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro tidak tepat dan belum mampu menekan penularan Covid-19.

Sebab, kata dia, mobilitas masyarakat sulit ditahan dengan kebijakan tersebut.

"Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro terbukti tidak efektif menahan mobilitas masyarakat. Akibatnya lonjakan kasus Covid-19 sulit dikendalikan," kata Netty dalam keterangan persnya, Rabu (23/6). 

Legislator fraksi PKS itu meminta pemerintah pusat bisa menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menekan lonjakan Covid-19.

Toh, kata Netty, PSBB diatur melalui UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Pada 31 Maret 2020, pemerintah menetapkan aturan lebih lanjut terkait PSBB melalui Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020.

"Pemerintah harus segera berlakukan PSBB, bahkan lockdown total,” kata Netty.

Legislator daerah pemilihan Jawa Barat VIII itu mengatakan, pandemi lebih efektif dikendalikan dengan penerapan protokol kesehatan ketat, tegas, dan melibatkan partisipasi luas dari masyakarat.   

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher menilai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro tidak tepat di dalam menekan penularan COVID-19. Sebab, mobilitas masyarakat sulit ditahan dengan kebijakan PPKM skala mikro.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News