Pilih Urus Kebakaran Hutan Ketimbang Kampanye, SBY Dipuji

Pilih Urus Kebakaran Hutan Ketimbang Kampanye, SBY Dipuji
Pilih Urus Kebakaran Hutan Ketimbang Kampanye, SBY Dipuji

jpnn.com - JAKARTA - Sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Ketua Umum Partai Demokrat untuk mengunjungi Riau memantau langsung penanganan kabut asap akibat kebakaran Cagar Biosfer Giam Siak Kecil dan Bukitbatu Sabtu, (15/3) ketimbang berkampanye di Magelang, Jawa Tengah, mendapat pujian.

Tokoh pemuda Riau Indra Perdana Sinaga menegasan apa yang dilakukan SBY itu merupakan eksistensinya sebagai negarawan sejati.

"Ini pantas diacungkan jempol karena beliau berhasil menunjukkan bahwa dirinya bukan hanya sekedar seorang pemimpin umum partai, melainkan mampu memperlihatkan eksistensinya sebagai seorang negarawan,” kata Indra dalam keterangan yang diterima, Minggu (16/3).

Vokalis grup Band Lyla yang karib disapa Naga, ini menambahkan SBY memang terlihat lebih mementingkan masyarakat daripada kelompok. Hal itu diperlihatkan SBY dengan lebih memilih datang ke Riau, meluangkan waktu di tengah-tengah kesibukan partai yang sedang berkampanye.

Calon legislatif DPR RI dapil Riau 1, ini menyatakan momentum SBY berkunjung ke Riau dirasa tepat karena dibantu dengan turunnya hujan. Menurutnya, Jumat kemarin tingkat ketebalan asap di Riau sudah sangat berbahaya karena jarak pandang hanya mencapai 50 meter.

Tapi dengan turunnya hujan, hari ini jarak pandang sudah bisa sampai satu kilo meter.

"Ini artinya, kedatangan beliau ke Riau sebagai momentum yang baik karena dengan turunnya hujan, asap mulai menipis dan presiden bisa lancar melakukan komunikasi dengan pihak-pihak yang terlibat pembakaaran hutan tersebut," kata Naga.

Pengamat Lingkungan dari Universitas Padjadjaran Bandung Prayudi Setiadharma menilai langkah yang diambil SBY patut dihargai mengingat segala resiko yang akan ditemuinya di lokasi bencana.

JAKARTA - Sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Ketua Umum Partai Demokrat untuk mengunjungi Riau memantau langsung penanganan kabut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News