Pilkada Sumut 2024, Bawaslu Tingkatkan Pengawasan

Pilkada Sumut 2024, Bawaslu Tingkatkan Pengawasan
Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat dan Data Informasi Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu (ANTARA/Anggi Luthfi Panggabean).

jpnn.com - MEDAN - Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat dan Data Informasi Bawaslu Sumut Saut Boangmanalu mengatakan pihaknya berkomitmen meningkatkan pengawasan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Menurutnya peningkatan pengawasan penting sebagai demi menyukseskan pesta demokrasi.

"Sesuai arahan Bawaslu RI bahwa kami diminta untuk melakukan penyegaran di tingkat kecamatan maupun di desa, kami akan meningkatkan pengawasan," ujar Saut Boangmanalu di Medan, Jumat (24/5).

Menurut Saut Bawalu Sumut berserta jajaran telah membuka rekrutmen panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) dan panitia pengawas pemilu kelurahan/desa (PKD).

"Kami sudah melakukan evaluasi panwascam existing dan pendaftaran baru panwascam," kata dia.

Dalam meningkatkan pengawasan, kata dia, Bawaslu juga memperkuat koordinasi dengan pemangku kebijakan terkait pada pelaksanaan Pilkada 2024.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan pesta demokrasi ini. Dengan melibatkan masyarakat akan memperkuat pengawasan," ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Sumut Payung Harahap mengatakan Bawaslu Sumut akan memfokuskan pengawasan terhadap isu SARA, penggunaan media sosial serta ASN yang berkampanye dan yang lainnya.

Bawaslu Sumut siap meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan pilkada yang digelar serentak di sejumlah daerah di Sumut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News